Kamis 04 Aug 2022 21:27 WIB

PMI Gulirkan Aplikasi Kesiapan dan Ketahanan Bisnis dalam Bencana

Aplikasi Atlas ini membuat pengusaha kecil mudah menjalankan rencana bisnisnya.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat melalui dukungan Palang Merah Amerika (Amcross) akan meluncurkan sebuah Aplikasi Atlas Ready For Business.
Foto: istimewa
Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat melalui dukungan Palang Merah Amerika (Amcross) akan meluncurkan sebuah Aplikasi Atlas Ready For Business.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat melalui dukungan Palang Merah Amerika (Amcross) akan meluncurkan sebuah Aplikasi Atlas Ready For Business. Di mana aplikasi ini sebagai media kesiapsiagaan untuk membantu masyarakat dalam hal membangun dan menjaga mata pencaharian pada pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana.

'' PMI berencana mengenalkan Aplikasi Atlas ini kepada pelaku usaha kecil dengan melibatkan mereka dalam sejumlah kegiatan,'' ujar Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat, Ridwan S Carman di Kota Sukabumi, Kamis (4/8/2022). Hal ini disampaikannya dalam sambutan mewakili PMI Pusat dalam kegiatan lokakarya Kesiapan dan Ketahan Nisnis yang digelar di salah satu hotel di Kota Sukabumi.

Baca Juga

Tujuan dari dikembangkanya aplikasi ini adalah pelaku usaha kecil dapat menggunakan aplikasi Atlas dan membuat rencana bisnis mereka. Ridwan menggambarkan, usaha kecil dan menengah (UKM) memainkan peranan penting di komunitas mereka dan di sektor swasta yang lebih luas.

Sebab banyak yang berkontribusi pada rantai pasokan dan lapangan kerja lokal. Oleh karenanya penting bagi usaha kecil untuk bersiap dan memiliki strategi.

Sehingga mereka dan ekonomi lokal mereka dapat pulih lebih cepat setelah terdampak bencana. Ditambahkan Ridwan, melalui Aplikasi Atlas menjadi salah satu solusi yang akan membantu dan memandu pelaku usaha kecil membuat dan menyesuaikan rencana bisnis mereka selangkah demi selangkah.

Termasuk sesi obrolan dengan Atlas yang meminta pengguna untuk menilai tingkat kesiapan mereka, menguji kemajuan, dan memandu pengguna menuju ketahanan. Sehingga aplikasi ini akan sangat membantu.

Kepala Kantor Delegasi Palang Merah Amerika (Amcross) untuk Indonesia Husnul Maad mengatakan, Palang Merah Amerika (Amcross) di Indonesia berdasarkan rencana kemitraan strategis dengan PMI akan mendukung empat kegiatan utama. Di antaranya meningkatkan kapasitas organisasi PMI di semua tingkatan.

Selanjutnya kata Husnul, memperkuat efektivitas layanan tanggap darurat dan pemulihan pascabencana. Berikutnya membangun ketahanan masyarakat terhadap risiko dan dampak bencana melalui pendekatan inovatif dan solusi berkelanjutan.

Terakhir meningkatkan akuntabilitas PMI sehingga menjadi lembaga terpercaya di tingkat nasional dan internasional." Melalui Aplikasi Atlas Ready For Business ini, kami mendorong ketahanan masyarakat terutama UMKM terhadap risiko dan dampak bencana melalui pendekatan inovatif dan solusi berkelanjutan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement