Jumat 05 Aug 2022 08:32 WIB

Masjid di Stoke on Trent Inggris Budayakan Sunnah Memanah untuk Muslim

Memanah menjadi cabang olah raga yang diminati Muslim Inggris

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Lomba panahan (ilustrasi). Memanah menjadi cabang olah raga yang diminati Muslim Inggris
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Lomba panahan (ilustrasi). Memanah menjadi cabang olah raga yang diminati Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, STOKE ON TRENT – Sebuah masjid di Stoke on Trent, Inggris akan menjadi tuan rumah sesi memanah gratis untuk membantu meningkatkan olah raga dalam komunitas Muslim setempat. 

Seperti dilansir In Your Area pada Jumat (5/8/2022) Sesi di Masjid Pusat Hanley akan dijalankan oleh Trent Valley Archers dan pelatih Archery GB lokal lainnya. 

Baca Juga

Program ini didukung Project Rimaya dari Archery GB, sebuah inisiatif yang didanai SportsAid yang ingin meningkatkan partisipasi dalam memanah di antara komunitas Muslim. 

Panahan memiliki makna budaya tertentu dalam komunitas Islam sebagai bagian dari warisan Muslim selama lebih dari seribu tahun dan salah satu dari sejumlah kegiatan rekreasi yang disebutkan sebagai olah raga sunnah.  

Sesi jalan-jalan akan berlangsung di Pusat Komunitas Rumah Kesetaraan di Raymond Street di belakang masjid. Dari pukul 11:00 hingga 13:30, akan ada dua sesi gratis selama satu jam masing-masing untuk 20 wanitadengan pelatih wanita di garis tembak. Dari 14:30 hingga 17:00, akan ada dua sesi gratis selama satu jam, masing-masing untuk 20 pria. 

Strategi jangka panjang Archery GB adalah untuk membantu menempatkan olahraga di jantung pemulihan pascapandemi bangsa, membawa kegiatan olah raga baru dan inklusif untuk komunitas etnis yang beragam dan memberikan dukungan praktis untuk mendirikan klub panahan baru dalam kemitraan dengan lembaga agama Islam dan kelompok masyarakat.  

Grant Piland, dari Trent Valley Archers dan Ketua Asosiasi Panahan Staffordshire County bersemangat menggunakan olah raga yang dia sukai untuk mempromosikan integrasi masyarakat. Dia ingin menyatukan orang-orang setelah pandemi, dan untuk mempromosikan rasa saling menghormati dan pengertian dalam komunitas lokal yang beragam etnis. 

Grant melihat pekerjaan yang dilakukan melalui Project Rimaya dan terinspirasi dengan klubnya untuk menjangkau komunitas lokal mereka. 

Dia telah terhubung dengan perwakilan yang telah berhasil meluncurkan inisiatif Project Rimaya, termasuk Asosiasi Olahraga Muslimah dan Klub Rugbi Barking, yang menjalankan proyek bersama, serta Yayasan Olahraga Muslim dan Masjid Pusat Hanley. 

“Apa yang ingin saya lihat di garis tembak adalah semua orang berdiri bersama dan menembakkan panah,  berbicara satu sama lain dan saling menghormati. Itulah yang perlu kita lakukan, bukan hanya untuk cinta olahraga, melainkan untuk masyarakat dan negara. Itu sudah menjadi passion saya," katanya. 

Project Rimaya telah menjadi inisiatif yang sangat efektif untuk membantu mengembangkan peran perempuan dalam komunitas etnis dan menunjukkan cara memanah adalah olah raga yang dapat digunakan untuk mengembangkan hubungan masyarakat sambil mendorong partisipasi yang lebih luas dalam kegiatan yang bermanfaat bagi pikiran dan tubuh.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement