Jumat 05 Aug 2022 22:46 WIB

Hj Raudatul Jannah Terus Dorong Masyarakat Beli Produk Lokal

Kalimantan Selatan banyak memiliki produk-produk lokal UMKM

Red: Hiru Muhammad
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor terus menggelorakan semangat kepada masyarakat di daerah agar mencintai dan bangga dengan produk-produk dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.
Foto: istimewa
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor terus menggelorakan semangat kepada masyarakat di daerah agar mencintai dan bangga dengan produk-produk dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor terus menggelorakan semangat kepada masyarakat di daerah agar mencintai dan bangga dengan produk-produk dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setempat.

Dukungan pihaknya terhadap kemajuan pengusaha lokal ini dibuktikan dengan seringnya mempromosikan produk-produk lokal dan berbelanja berbagai keperluan, mulai pakaian, makanan, dan lainnya.

Baca Juga

Seperti yang dilakukan Hj. Raudatul Jannah saat mengunjungi Atun Sasirangan pada Jumat (5/8/2022) pagi. Istri Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin ini pun datang langsung ke palaku UMKM Atun Sasirangan yang berada di Cempaka, Kota Banjarbaru.

Hj. Raudatul Jannah pun melihat langsung berbagai motif kain sasirangan hasil produk UMKM. “Membanggakan sekali kaya akan motif dan pilihan. Tentu ini sangat memudahkan bagi pembeli untuk memilihnya. Kita terus dorong masyarakat Kalsel membeli produk-produk UMKM banua,” kata Hj. Raudatul Jannah.

photo
Gerakan nasional ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi, serta mempromosikan produk-produk lokal berkualitas. - (istimewa)

 

 

Selepas melihat berbagai motif dan akhirnya Hj. Raudatul Jannah memilih membeli kain sasirangan. Mendapat kunjungan Hj. Raudatul, Atun Cempaka Sasirangan pun merasa bangga. “Alhamdulilah. Terimakasih Ibu Gubernur atas kunjungan. Terimakasih atas perhatiannya kepada kami pelaku UMKM dengan membeli produk kami. Sekali lagi terimakasih,” kata Atun Cempaka Sasirangan.

Diketahui saja, dalam berbagai kesempatan, Hj. Raudatul Jannah mengatakan, Kalimantan Selatan banyak memiliki produk-produk lokal UMKM. Baik itu kerajinan barang jadi maupun berupa hasil olahan seperti kuliner.

Khusus kuliner ujarnya, ada banyak jenis dan ragam khas Kalsel yang tersebar dimasing-masing kabupaten kota diantaranya ada di Hulu Sungai Selatan dengan kuliner khas Ketupat Kandangan dan Kota Banjarmasin dengan Soto Banjarnya.

Selain kulinernya ada juga hasil kerajinan yang beragam disetiap kabupaten kotanya seperti produk bahan kain yaitu kain sasirangan, Kemudian ada anyaman seperti anyaman bamban, anyaman purun, dan anyaman rotan, batu-batu permata, dan kerajinan sisa kayu ulin yang dijadikan benda perabot rumah tangga.

Apa yang dilakukan Raudatul Jannah ini selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GN BBI) yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 lalu dan untuk Kalsel Gernas BBI pada Juli lalu.

Gerakan nasional ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi, serta mempromosikan produk-produk lokal berkualitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement