Sabtu 06 Aug 2022 08:13 WIB

Lima Kecamatan di Kapuas Hulu Kalimantan Barat Terendam Banjir

Banjir melanda sejumlah desa di lima kecamatan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Red: Nora Azizah
Banjir melanda sejumlah desa di lima kecamatan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Banjir melanda sejumlah desa di lima kecamatan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS HULU -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan mengatakan saat ini banjir melanda sejumlah desa di lima kecamatan di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. "Kami imbau masyarakat tetap waspada karena debit air Sungai Kapuas, Sungai Sibau dan Sungai Mendalam masih terus naik," kata Gunawan di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat (5/8/2022).

Gunawan mengatkan, untuk saat ini akibat luapan sejumlah sungai tersebut sudah merendam sejumlah desa. Di Kecamatan Putussibau Utara banjir merendam Desa Tanjung Lasa, Sibau Hulu, Sibau Hilir dan Desa Padua Mandalam.

Baca Juga

Di Kecamatan Putussibau Selatan yaitu Desa Tanjung Lokang dan sejumlah daerah dataran rendah lainnya seperti Teluk Barak dan Tanjung Jati.Kemudian di Kecamatan Pengkadan banjir merendam Desa Pengkadan Hilir. Di Kecamatan Silat Hilir banjir terjadi di Desa Miau Merah dan untuk Kecamatan Seberuang banjir terjadi di Desa Sejiram dan Desa Jerenjang. Menurut dia, banjir mulai terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dengan kedalaman air rata-rata 50 centimeter hingga satu meter.

"Ada satu jembatan di Desa Jerenjang rusak akibat banjir dan di sejumlah desa tidak bisa dilalui kendaraan," kata Gunawan.

Ia mengatakan, saat ini cuaca di Kapuas Hulu masih mendung dan dikhawatirkan banjir semakin meluas. Untuk itu, diminta kepada seluruh pihak kecamatan dan perangkat desa untuk segera menyampaikan kondisi perkembangan banjir di daerahnya masing-masing. Selain itu, masyarakat diminta untuk waspada dan selalu siaga menghadapi bencana alam dengan kondisi cuaca saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement