Sabtu 06 Aug 2022 15:12 WIB

Menhub dan Menko PMK Tinjau Training Barista di Masjid Ash Shomad

5 peserta terbaik dari 20 orang tersebut akan diajak mengelola outlet kopi.

Red: Muhammad Fakhruddin
Menhub dan Menko PMK Tinjau Training Barista di Masjid Ash Shomad
Foto: istimewa
Menhub dan Menko PMK Tinjau Training Barista di Masjid Ash Shomad

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mencicipi hasil kopi buatan peserta pelatihan barista.

Pelatihan yang digelar oleh Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI) bekerja sama dengan Kapal Api dan Yayasan Pundi Peduli Amal (YPP) ini merupakan program sosial yang digelar di Masjid Ash Shomad, Citra Raya, Kec. Panongan, Kabupaten Tangerang. 

Baca Juga

Sebanyak 20 peserta terpilih diajarkan teknik-teknik membuat latte, espresso,  minuman non-coffee, dan manajemen outlet oleh tim Kapal Api. Nantinya, 5 peserta terbaik dari 20 orang tersebut akan diajak mengelola outlet kopi Masjid Ash Shomad di bawah pembinaan YBMI.

“Pelatihan barista merupakan program sosial Yayasan BMI melalui Masjid Ash Shomad untuk masyarakat usia produktif supaya menciptakan semangat wirausaha dan membangkitkan ekonomi akibat COVID-19,” kata Menhub, Jumat (5/8/2022). 

Selain itu, Menhub dan Menko PMK membagikan SIM gratis kepada 40 peserta kursus mengemudi yang diselenggarakan oleh Yayasan Bahtera Maju Indonesia (BMI) melalui Masjid Ash Shomad. Pembagian SIM gratis diberikan kepada peserta kursus yang telah melalui serangkaian pelatihan dan telah lulus tes mengemudi. 

“Program pelatihan mengemudi gratis ini kita berikan kepada warga khususnya bagi yang kurang mampu agar bisa memiliki kemampuan dan bisa membuka jalan mendapatkan pekerjaan,” ujar Menhub.

Program mengemudi gratis sudah meluluskan 4 gelombang dengan masing-masing gelombang berjumlah 20 peserta. Pelatihan ini diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu sehingga peserta yang mendaftarkan perlu melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kecamatan. Menhub pun turut melakukan kerja sama dengan Blue Bird agar peserta yang telah lulus bisa diarahkan untuk bekerja di perusahaan taksi tersebut.  

Masjid yang didirikan oleh Menhub selaku Ketua Pembina Yayasan BMI ini diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang. Sejak awal peresmian, Masjid Ash Shomad telah menggelar Vaksinasi COVID-19, pembagian sembako, program bersih-bersih masjid, peringatan Hari-hari besar Islam, dan pelatihan-pelatihan untuk warga dalam meningkatkan lifeskill. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement