Ahad 07 Aug 2022 06:58 WIB

Umur Sudah 40-an, Gangguan Mata Ini Harus Diwaspadai

Ketika mencapai usia 40-an, orang berisiko mengalami beberapa masalah mata.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata (Ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan, termasuk penglihatan.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Mengucek mata (Ilustrasi). Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan, termasuk penglihatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh mengalami perubahan seiring bertambahnya usia, termasuk penglihatan. Setelah mencapai usia 40-an, orang berisiko mengalami beberapa masalah mata umum yang perlu diwaspadai.

Ahli mata dari Inggris dr Pamela Miller mengatakan bahwa ketika mencapai usia dekade keempat dalam hidup, Anda mungkin mulai menyipitkan mata untuk melihat dan membaca. Kondisi ini bisa jadi presbiopi. Seiring bertambahnya usia, lensa mata secara alami mengeras, kehilangan kemampuannya untuk berubah bentuk yang dapat membuat Anda sulit untuk fokus pada hal-hal yang dekat.

Baca Juga

"Jika Anda merasa kesulitan melihat dekat, mungkin ada baiknya menemui ahli kacamata untuk mengetahui perawatan apa yang terbaik," kata dr Miller, seperti dilansir laman Express, Sabtu (6/8/2022).

Selain itu, katarak juga bisa mengusik di usia 40-an. Katarak dapat membuat lensa mata seolah berawan.

Masalah mata yang satu ini dapat diperbaiki dengan kacamata resep. Hanya saja, untuk orang-orang yang penglihatannya semakin memburuk, operasi korektif mungkin diperlukan.

“Sama seperti katarak, glaukoma juga bisa membuat mata terlihat berawan atau berkabut," jelas dr Miller.

Menurut dr Miller, seiring bertambahnya usia, tekanan di mata dapat tumbuh dan merusak saraf optik, membuat penglihatan kabur. Dalam beberapa kasus Anda bahkan mungkin merasa sakit secara fisik.

Meskipun relatif umum untuk orang berusia 40 dan lebih tua, glaukoma dapat tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Itu karena glaukoma dapat muncul tanpa gejala.

"Inilah mengapa sangat penting untuk menemui ahli kacamata Anda secara teratur karena mereka akan dapat mengetahui kondisinya lebih awal dan memberi Anda rencana perawatan," kata dr Miller.

Lalu, ada degenerasi makula terkait usia, yaitu saat mulai melihat bintik buta dalam penglihatan. Degenerasi makula atau AMD bisa menjadi risiko serius bagi kesehatan Anda.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَسْتُمْ عَلٰى شَيْءٍ حَتّٰى تُقِيْمُوا التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكُمْ مِّنْ رَّبِّكُمْ ۗوَلَيَزِيْدَنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ مَّآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَّكُفْرًاۚ فَلَا تَأْسَ عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Kamu tidak dipandang beragama sedikit pun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan (Al-Qur'an) yang diturunkan Tuhanmu kepadamu.” Dan apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu pasti akan membuat banyak di antara mereka lebih durhaka dan lebih ingkar, maka janganlah engkau berputus asa terhadap orang-orang kafir itu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 68)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement