Ahad 07 Aug 2022 09:39 WIB

Tugas Baru Menantang Utut Adianto sebagai Presiden FIDE Asia

Maestro catur Indonesia, Grandmaster Utut Adianto menjadi Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) zona 3.3 Asia.

Rep: yayan/ Red: Partner
.
Foto: network /yayan
.

GM Utut Adianto (ketiga kiri) Presiden FIDE zona 3.3 Asia.
GM Utut Adianto (ketiga kiri) Presiden FIDE zona 3.3 Asia.

ruzka.republika.co.id - Maestro catur Indonesia, Grandmaster Utut Adianto menjadi Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) zona 3.3 Asia. Utut terpilih secara aklamasi dalam Kongres FIDE di Chennai, India, Jumat (5/8/2022).

Zona 3.3 Asia terdiri dari 17 negara atau perwakilan anggota FIDE negara-negara Asia Tenggara ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan.

Utut Adianto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI) berharap kepemimpinannya dapat mengantar prestasi catur di zona Asia lebih baik.

"Kita banyak memiliki pecatur hebat. Saya berharap prestasi catur di zona Asia makin membaik ke depannya," kata GM Utut Adianto.

Kongres FIDE 2022 di Chennai, India berlangsung pada 1-8 Agustus. Puncak agenda Kongres FIDE 2022 adalah pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026 yang akan dilaksanakan pada Minggu (7/8).

Sebagai informasi, FIDE membagi 185 negara anggotanya ke dalam beberapa zona. Untuk kawasan Asia, Oceania hingga Australia yang terdiri dari 52 negara, dibagi ke dalam Zona 3.1 sampai Zona 3.7. Demikian juga untuk kawasan Eropa, Amerika, Amerika Latin, Rusia hingga Afrika dibagi ke dalam beberapa zona yang berbeda.

Advertisement