Ahad 07 Aug 2022 10:10 WIB

Pekerja Daycare Illinois Idap Cacar Monyet, Berpotensi Menulari Anak-Anak

Belum jelas berapa banyak anak yang mungkin tertular cacar monyet.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ruam yang terasa gatal (ilustrasi). Seorang pekerja daycare di Illinois, Amerika Serikat, terkonfirmasi mengidap cacar monyet.
Foto: www.freepik.com
Ruam yang terasa gatal (ilustrasi). Seorang pekerja daycare di Illinois, Amerika Serikat, terkonfirmasi mengidap cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pekerja daycare atau tempat penitipan anak di Illinois, Amerika Serikat, terkonfirmasi mengidap cacar monyet. Pejabat kesehatan setempat mengatakan pria itu berpotensi menulari anak-anak yang dijaganya.

Kasus dilaporkan di Rantoul, sebuah desa di Champaign County di Illinois tengah. Belum jelas berapa jumlah anak yang mungkin terpapar, tapi tidak ada orang lain yang dinyatakan positif selain pria tersebut.

Baca Juga

Direktur kesehatan negara bagian Illinois, Sameer Vohra, mengatakan penularan cacar monyet butuh kontak dekat dan berkepanjangan. "Virus cacar monyet bukan virus yang ditularkan melalui udara," ujarnya.

Meskipun vaksin biasanya tidak tersedia untuk anak-anak, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengizinkan vaksinasi untuk anak di bawah 18 tahun. Terutama, dalam kasus di mana mereka mungkin telah terpapar virus.

Vohra mengatakan, anak-anak di Illinois bisa mendapatkan vaksin dengan persetujuan wali mereka. Terutama, vaksinasi itu diberikan pada anak-anak yang mungkin terpapar di fasilitas penitipan anak tersebut.

Pelacakan kontak sedang dilakukan untuk menentukan siapa yang dalam beberapa hari terakhir mungkin berada di sekitar pekerja daycare yang dites positif. Siapa pun yang diduga mengidapnya diminta melakukan karantina hingga hasil tes keluar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement