Ahad 07 Aug 2022 15:00 WIB

FAH UIN Ar-Raniry Gelar Yudisium, 34 Orang Lulus Cumlaude

Wisudawan harus memiliki tiga hal: intelektualitas, moralitas, dan silaturahim.

Red: Irwan Kelana
Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Fauzi MSi memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik yang lulus dengan predikat cumlaude masing-masing prodi, Rabu, Rabu (3/8/2022).
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Fauzi MSi memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik yang lulus dengan predikat cumlaude masing-masing prodi, Rabu, Rabu (3/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 121 lulusan Sarjana Strata Satu (S-1) pada yudisium Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Prosesi yudisium tersebut dilaksanakan secara daring dan luring bertempat di Aula lantai III, Gedung B Fakultas Adab dan Humaniora kampus tersebut, Rabu (3/8/2022).

Dari 121 orang calon wisudawan, di antaranya 34 orang lulus Cum Laude, 29 orang memperoleh predikat Pujian, 56 orang memperoleh predikat sangat baik dan 2 orang memperoleh predikat Baik.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Fauzi Ismail MSi dalam amanatnya mengingatkan para lulusan Fakultas Adab dan Humaniora bahwa ijazah dan gelar sarjana bukan sekedar bukti sah telah mampu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, namun para sarjana harus menjadi agen kemajuan masyarakat dan penjaga moral.

Sebagai lulusan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Fauzi berharap para lulusan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh harus tampil sebagai motor penggerak perubahan di tengah masyarakat dan menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi.

“Di era globalisasi sekarang ini anda harus mampu bersaing dan menguasai teknologi dan juga harus mampu membaca tanda-tanda zaman. Selain itu, tiga hal yang penting dimiliki para sarjana yaitu intelektualitas, moralitas dan silaturahim,"kata Fauzi seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/8/2022).

Sebelumnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Phil Abdul Manan MSc MA dalam laporannya menyebutkan,  pada semester ini, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 121 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 99 orang perempuan.

“Semester ini kita meyudisium calon wisudawan sebanyak 121 lulusan yang terdiri dari Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) sebanyak 26 orang, Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) 31 orang dan Prodi Ilmu Perpustakaan sebanyak 64 orang,"kata Abdul Manan dalam laporannya, Rabu (3/8) bertempat di Aula Lantai III, Gedung B FAH UIN Ar-Raniry.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan fakultas juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik yang lulus dengan predikat cumlaude masing-masing, Fika Ardhillah dari Prodi SKI dengan IPK 3.84, Katrun Niza dari Prodi BSA dengan IPK 3.83 dan Nursaidah Hutabarat dari Prodi Ilmu Perpustakaan dengan IPK 3.72.

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dr Zulkhairi MA, dosen tetap Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry yang baru saja menyelesaikan program doktor di Bakht Er-Ruda University Khartoum Sudan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement