Senin 08 Aug 2022 10:24 WIB

Sekjen PBB: Risiko Konfrontasi Nuklir Kembali Setelah Puluhan Tahun

Risiko konfrontasi nuklir telah kembali setelah terhenti selama puluhan tahun.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Sisa senjata nuklir Ukraina di Museum (ilustrasi)
Foto: BBC
Sisa senjata nuklir Ukraina di Museum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan risiko konfrontasi nuklir telah kembali setelah terhenti selama puluhan tahun. Ia meminta negara-negara nuklir untuk tidak pernah menggunakan senjata itu.

Guterres mengatakan setiap serangan pada pembangkit listrik tenaga nuklir merupakan "tindakan bunuh diri." Hal ini ia sampaikan dalam menanggapi tembakan Rusia ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina.

Baca Juga

Pernyataan ini ia sampaikan dalam konferensi pers pada Senin (8/8/2022) setelah menghadiri Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima di Tokyo. Peringatan 77 tahun serangan bom atom pertama di dunia.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu dan tidak lama kemudian Presiden Vladimir Putin mengangkat isu kemungkinan serangan nuklir. Konflik itu juga menimbulkan dikhawatirkan akan berdampak pada pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina.

Dalam kesempatan ini Guterres juga meminta Jepang untuk mencegah swasta dan masyarakat membiayai proyek-proyek batu bara. Sebagai bagian dari komitmen Negeri Sakura dalam menahan emisi bahan bakar fosil. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ الْاَنْعَامِ ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍ ۗ يَخْلُقُكُمْ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ خَلْقًا مِّنْۢ بَعْدِ خَلْقٍ فِيْ ظُلُمٰتٍ ثَلٰثٍۗ ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ فَاَنّٰى تُصْرَفُوْنَ
Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?

(QS. Az-Zumar ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement