Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azmatul Alyaa

Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Gaya Hidup | Monday, 08 Aug 2022, 23:22 WIB

Belakangan ini Skincare menjadi topik perbincangan hangat ditengah para wanita. Namun sebenarnya apa sih skincare itu? Skincare merupakan serangkaian perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Maka tujuan dari penggunaan skincare agar sel- sel kulit senantiasa sehat dan terawat dengan baik.

Namun, apa seorang muslimah boleh memakai skincare? Islam merupakan agama yang sempurna dan indah, salah satu bentuk kesempurnaan dan keindahaan Islam adalah bagaimana Islam tidak hanya mengatur aspek-aspek yang berkaitan dengan peribadatan (ubudiyah) namun juga aspek-aspek lain yang bersifat kemanusiaan (insaniyah). Islam sangat memperhatikan masalah kesehatan bagi umat sebagai sarana penunjang dalam peribadatan kepada Allah SWT. Inti dari kesehatan itu sendiri sebenarnya bermuara pada bagaimana Islam mengatur pentingnya menjaga kebersihan, baik bagi diri sendiri, sesama maupun lingkungan sekitar.

Dalam sebuah riwayat Hadits. Abu Darda berkata, “Ya Rasulullah, jika saya sembuh da­ri sakit saya dan bersyukur karenanya, apakah itu lebih baik daripada saya sakit dan menanggungnya dengan sabar?” Nabi saw menjawab, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyenanginya.”. Begitulah sempurna dan Indahnya Islam.

Merawat kebersihan kulit menjadi bagian penting dari personal hygien, ini dikarenakan kulit merupakan salah satu organ tubuh yang terbesar dan paling nampak. Kita kenal aktifitas berwudhu dalam islam, selain merupakan sunnah Nabi dan Syarat sah Sholat juga merawat kebersihan kulit dari paparan sinar matahari.

Sejatinya Allah SWT telah menciptakan kulit manusia dengan sangat sempurna. Kulit memiliki skin barrier atau proteksi kulit (stratum corneum) bagian kulit terluar manusia yang berperan melindungi lapisan kulit manusia dari berbagai faktor seperti melindungi kulit dari polusi. Infeksi bakteri, zat berbahaya, paparan sinar UV, bahkan gesekan secara langsung. Selain itu juga memiliki peran untuk menjaga kelembapan kulit. Maka kunci kualitas kulit manusia ini ada pada skin barrier ini, jika terganggu maka masalah kesehatan kulit akan lebih mudah menyerang. Seperti jerawat, ruam, iritasi, dan masalah kesehatan kulit lainnya.

Oleh karena itu, melakukan perawatan kulit bisa menjadi bagian Ibadah jika niat nya lurus dan tidak berlebihan atau kita kenal dalam islam dengan sifat tabdzir maupun tabarruj. Maka yuk, niatkan memakai skincare ini sebagai bagian dari ikhtiar untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta merawat kulit. Ingat jangan sampai penggunaan skincare ini menjadi ladang dosa bagi kita karena sifat tabarruj tersebut, Naudzubillahimindzalik.

Maka Yuk Muslimah kita evaluasi niat, Insya Allah niat kita menjaga kecantikan ini semata-mata untuk meraih ridho Allah dan sarana kita bersyukur atas Karunia yang Allah SWT berikan kepada kita. Teliti dan hati-hatilah dalam meimilih produk skincare, pastikan yang aman, sehat dan pastinya Halal. Karena jika produk yang kita gunakan tidak sesuai syariat, khawatir akan berpengaruh pada kualitas iman dan ibadah kita.

Wallahualam Bishwab, Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari hal-hal yang tidak baik dan selalu menjaga keistiqamahn niat dan hati kita, Aamiin.

#SkincareHalal #KosmetikHalal #Muslimah #Halalismyway

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image