Rabu 10 Aug 2022 01:10 WIB

Digelar di Solo, Konser Dream Theater Didominasi Penonton Luar Kota

Sebanyak 70 persen penonton konser Dream Theater berasal dari luar Kota Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Nora Azizah
Sebanyak 70 persen penonton konser Dream Theater berasal dari luar Kota Solo.
Sebanyak 70 persen penonton konser Dream Theater berasal dari luar Kota Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Konser Dream Theater Band rock asal Amerika akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa tengah Rabu, (10/8/2022). Namun, Founder rajawali Indonesia selaku promotor, Anas Syahrul Alimi mengatakan, pertunjukan tersebut tidak hanya ajang konser musik tetapi sebagai music tourism.

Anas mengatakan bahwa pemerintah seharusnya mulai memberikan ruang lebih bagi music tourism. Pasalnya, music tourism berpeluang besar pada dampak ekonomi.

Baca Juga

“Misalnya orang dari jakarta terbang kesini, dia kan tidak mungkin cuma nonton konser tapi juga bisa nginep di sini dan ikut menikmati kuliner seperti nasi liwet, tengkleng itu music tourism,” katanya pada press konpers, Selasa (9/8/2022).

Selanjutnya Anas mengatakan bahwa peminat konser tersebut sebagian besar berasal dari luar kota. Bahkan ada beberapa penonton yang hadir dari luar negeri.

 

“70 persen penonton dari luar kota semuanya. Tetapi untuk kebanyakan dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Jawa Timur itu banyak hampir merata sih kalau menurut saya. Untuk yang luar negeri ada, cuma saya belum notice berapa banyak yang saya tau ada dari Singapura, Malaysia dan Thailand,” pungkasnya dalam konferensi pers menjelang konser Dream Theater, Selasa (9/8/2022).

Selain itu, menurut Anas musik memiliki keunggulan dalam bahasa yang lebih universal. Pasalnya menurutnya siapapun bisa menikmati musik itu sendiri.

“Jadi bukan hanya sport tourism yang dikasih panggung tapi music tourism juga tidak kalah luar biasa. Ingat tidak waktu Coldplay main di singapura 2017 lalu selama dua hari. Itu yang nonton 80 persen orang Indonesia, berapa triliun uang lari kesana, coba bayangkan itu kekuatan musik tourism. Jadi sudah saatnya kita begitu,” terangnya.

Sementara itu, dalam konser tersebut tidak lupa Anas juga menggandeng sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ia menjelaskan bahwa beberapa UMKM akan menghadirkan beberapa kuliner khas Solo.

“Setidaknya ada 25 UMKM yang kita undang yang akan hadir di konser besok. Untuk sistemnya nanti di pinggir panggung, jadi penonton kalau mau ke UMKM atau kuliner bisa minggir dan menikmati di situ,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement