Rabu 10 Aug 2022 03:24 WIB

Perluas Jaringan ITDRI Telkom Gandeng IEEE

ITDRI bersama IEEE berkomitmen untuk menghasilkan riset dan inovasi digital

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Memasuki pertengahan kuartal tiga tahun ini, Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) terus memperluas jaringan kemitraannya dalam lingkup Penta-Helix. Hal ini dilakukan, untuk menggenjot percetakan digital talent yang dapat bersaing secara global.
Foto: istimewa
Memasuki pertengahan kuartal tiga tahun ini, Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) terus memperluas jaringan kemitraannya dalam lingkup Penta-Helix. Hal ini dilakukan, untuk menggenjot percetakan digital talent yang dapat bersaing secara global.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Memasuki pertengahan kuartal tiga tahun ini, Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) terus memperluas jaringan kemitraannya dalam lingkup Penta-Helix. Hal ini dilakukan, untuk menggenjot percetakan digital talent yang dapat bersaing secara global.

Menurut Chair of Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section, Wahyudi Hasbi, kali ini ITDRI menggandeng Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Section untuk mengembangkan kerja sama akademik dan juga bisnis. 

Baca Juga

Jalinan ikatan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang digelar akhir pekan ini di Telkom Corporate University, Bandung.

ITDRI bersama IEEE berkomitmen untuk menghasilkan riset dan inovasi digital dari para ahli di kancah global, saling mendukung program learning, hingga program sertifikasi. Selain itu, kolaborasi ini turut membuka kesempatan bagi mahasiswa yang mengikuti Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) dan ditempatkan di Telkom-ITDRI untuk bisa berpartisipasi.

Kerja sama kedua belah pihak tersebut, kata dia, membahas antara lain untuk memperoleh hasil riset serta inovasi mengenai teknologi dari para ahli global, memperoleh dukungan program pembelajaran serta sertifikasi. "Selain itu atas kerjasama ini akan diadakan magang industri bagi mahasiswa demi mendukung program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung pemerintah," ujar Wahyudi dalam siaran persnya, Selasa (9/8/2022).

Wahyudi berharap, dengan penandatanganan MoU ini tidak hanya IEEE dan ITDRI saja yang mendapatkan keuntungan, tetapi kolaborasi ini akan membantu pembangunan ekonomi Negara Indonesia.

“Kita semua berharap dengan adanya implementasi dari MoU ini akan meningkatkan peran member IEEE kalangan profesional, akademisi, pemerintahan dan juga para mahasiswa dalam mewujudkan akses telekomunikasi yang lebih berkeadilan menjembatani digital divide," katanya.

Selain itu, kata dia, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan literasi masyarakat untuk menggunakan teknologi secara lebih adaptif dan juga turut mendorong penggunaan internet yang lebih produktif serta memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu SGM Telkom CorpU & Chairman of ITDRI, Jemy V Confido juga hadir dan menyambut rekan-rekan IEEE, Jemy beranggapan kolaborasi yang akan dijalin merupakan sebuah makna yang sangat besar mengingat industri revolusi 4.0 dan berharap kerja sama ini dapat membawakan banyak kebermanfaatan

“Tentunya ini satu langkah yang sangat besar maknanya bagi kami di Telkom-ITDRI dan harapannya juga bagi di IEEE karena dengan kerjasama yang dijalin antara Telkom-TDRI dan IEEE maka kita membuka satu jalinan baru yang akan bisa dimanfaatkan untuk kebersamaan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement