Rabu 10 Aug 2022 03:56 WIB

Juan Mata Masih Berambisi Lanjutkan Karier di Eropa

Juan Mata saat ini belum memiliki klub setelah kontraknya habis di Manchester United.

Red: Israr Itah
Juan Mata saat membela Manchester United (MU).
Foto: EPA-EFE/Cath Ivill
Juan Mata saat membela Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Juan Mata masih berambisi melanjutkan karier di Eropa setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Manchester United pada akhir Juni lalu. Dikutip dari Football Espana, Rabu (10/8/2022), Mata yang saat ini tidak memiliki klub dan berstatus agen bebas telah menolak beberapa tawaran dari tim asal Liga Amerika Serikat (MLS) serta beberapa klub di luar Eropa.

Keputusan Mata untuk tetap bermain di Eropa karena ia percaya diri mampu bersaing di level tertinggi. Mata yakin masih memiliki beberapa tahun sebelum akhirnya pergi ke luar Eropa atau gantung sepatu.

Baca Juga

Saat ini pemain berusia 34 tahun itu beserta perwakilannya tengah berusaha untuk mencari klub baru di Eropa secepat mungkin. Sebab bursa transfer pemain musim panas ini akan ditutup pada 1 September mendatang.

Mata mengawali kariernya sebagai pesepak bola di tim junior Real Madrid sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan tim senior Valencia pada 2007 silam.

Setelah selama empat musim bermain di Mestalla, pemain bernama lengkap Juan Manuel Mata Garcia itu memutuskan pindah ke Chelsea dan tercatat mampu meraih beberapa gelar bergengsi seperti Piala FA, Liga Champions, dan Liga Europa.

Pada musim panas 2014, Manchester United mendatangkan Mata dari Chelsea dengan biaya transfer diyakini mencapai 44 juta euro atau sekitar Rp 668 miliar. Mata tercatat menghabiskan delapan musim bersama The Red Devils dan mampu mempersembahkan satu gelar Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Europa.

Selain itu, Mata juga termasuk ke dalam skuad Spanyol asuhan Vicente del Bosque yang mampu menjuarai gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Euro 2012 Polandia-Ukraina.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدِ افْتَرَيْنَا عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اِنْ عُدْنَا فِيْ مِلَّتِكُمْ بَعْدَ اِذْ نَجّٰىنَا اللّٰهُ مِنْهَاۗ وَمَا يَكُوْنُ لَنَآ اَنْ نَّعُوْدَ فِيْهَآ اِلَّآ اَنْ يَّشَاۤءَ اللّٰهُ رَبُّنَاۗ وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًاۗ عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَاۗ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ
Sungguh, kami telah mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agamamu, setelah Allah melepaskan kami darinya. Dan tidaklah pantas kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah, Tuhan kami menghendaki. Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Hanya kepada Allah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

(QS. Al-A'raf ayat 89)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement