Rabu 10 Aug 2022 06:26 WIB

PG PAUD FKIP Uhamka Jalani Beberapa Program MBKM

Melalui program MBKM,  mahasiswa  mendapat banyak pengalaman belajar.

Red: Irwan Kelana
Mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka turut berpartisipasi dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni program pertukaran mahasiswa, magang, dan asistensi mengajar.
Foto: Dok Uhamka
Mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka turut berpartisipasi dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni program pertukaran mahasiswa, magang, dan asistensi mengajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan edukasi lapangan sebagai bekal mahasiswa memasuki dunia kerja. Mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka turut berpartisipasi dalam kegiatan MBKM ini, di antaranya dalam program pertukaran mahasiswa, magang, dan asistensi mengajar.

Dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, tiga mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka yaitu Indah Mursyidah, Aliyyannisa Nabila, dan Fira Elpriyanti Shugra ikut serta dalam mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar di UM Surabaya. Mata kuliah ini diampu oleh Naili Saidah MPd. Selain menjalin relasi dengan kampus lain, kegiatan ini juga menambah pengalaman dan soft skill mahasiswa, terutama dalam social networking.

Ketua Program Studi PG PAUD FKIP Uhamka Amelia Vinayastri menjelaskan, dua mahasiswa PG PAUD lainnya, Anisa Kamila Robbi dan Ernawati, menjalani program serupa di Fakultas Teknik Uhamka yang mengikuti mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi selama satu semester. Hal ini menunjukkan bahwa di era digital ini mahasiswa PG PAUD sangat terbuka untuk mempelajari IT.

Sementara itu, kata dia, ada tiga mahasiswa PG PAUD Uhamka juga mengikuti program magang di PT Al Mawardi Prima. Ketiga mahasiswa tersebut yakni Tri Wahyuni, Rosya Alvina Zahida, dan Jihan Khansa di perusahaan  yang merupakan salah satu perusahaan penerbit buku di Indonesia yang berfokus pada penerbitan buku-buku Islami dan buku anak.

“Selain mendapatkan pengalaman mengenai literasi, melalui program ini mahasiswa juga mempelajari keterampilan berwirausaha, sehingga hal ini dapat menambah softskill mahasiswa,” ungkapnya dalam rilis kepada media, Selasa (9/8/2022).

Amelia melanjutkan, PG PAUD Uhamka juga mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program Asistensi Mengajar yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal (ABA) 102 Cakung. Program ini, kata dia, dilaksanakan oleh tiga mahasiswa, yakni Riedha Silla Rizkya, Inggrit Surya Aditya, dan Arselia Meidinda Permadhy selama satu semester tahun ajaran 2021/2022.

Dia menjelaskan, kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa PG PAUD Uhamka untuk mengimplementasikan pengetahuan yang sudah diperoleh selama perkuliahan dan melatih softskill mahasiswa dalam pengelolaan pendidikan di lembaga pendidikan.

“Kami sangat mendorong mahasiswa Program Studi PG PAUD untuk mengikuti program MBKM supaya menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja,” kata Amelia Vinayastri.

Mahasiswa PG PAUD Uhamka, Indah Mursyidah, mengungkapkan bahwa melalui program ini dirinya mendapat banyak pengalaman belajar. “Melalui program MBKM ini saya jadi merasa benar-benar merdeka dalam menimba ilmu, karena pengalaman yang saya rasakan jadi jauh lebih luas dan tak terbatas karena banyak sekali program-program menarik dari MBKM yang diselenggarakan oleh Kemenristek,” kata Indah yang juga partisipan dalam program Pertukaran Mahasiswa MBKM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement