Kamis 11 Aug 2022 13:50 WIB

Jadwal Pembuka Piala Dunia 2022 Dikabarkan Maju

Pertandingan itu akan membuat Piala Dunia tetap mempertahankan tradisi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lokasi Piala Dunia 2022, Qatar.
Foto: Twitter Qatar Museums
Lokasi Piala Dunia 2022, Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Piala Dunia 2022 akan dimulai sehari lebih awal dari rencana, untuk memungkinkan tuan rumah Qatar memainkan pertandingan pembuka. Piala Dunia sebelumnya dijadwalkan mulai pada 21 November, dimana Qatar vs Ekuador akan jadi laga pembuka. Kini, pertandingan itu dimajukan menjadi 20 November. 

Pertandingan itu akan membuat Piala Dunia tetap mempertahankan tradisi tuan rumah memainkan pertandingan pembuka. Senegal dan Belanda telah dijadwalkan memainkan pertandingan pertama pada 21 November, disusul Inggris melawan Iran dan kemudian pertandingan resmi perdana, debut Piala Dunia Qatar.

Baca Juga

Salah satu sumber Piala Dunia mengatakan, ada diskusi dan kesepakatan antara kedua tim masing-masing dan ada permintaan dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). ''Kami ingin mengikuti tradisi bahwa juara bertahan atau negara tuan rumah terlibat dalam pertandingan pembuka,'' kata sumber anonim, dikutip dari CGTN, Kamis (11/8/2022). 

Pertandingan pembuka dijadwalkan akan diadakan di stadion Al Bayt berkapasitas 60 ribu, salah satu dari tujuh tempat baru yang dibangun khusus untuk Piala Dunia, sejak Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah pada 2010. Fase Grup akan dimainkan 21 November hingga 2 Desember. Fase gugur akan dimulai dengan babak 16 besar dari 3 hingga 6 Desember. 

Sementara perempatfinal dimainkan pada 9 dan 10 Desember, dengan semifinal pada 13 dan 14 Desember. Play-off untuk tempat ketiga akan berlangsung 17 Desember, sehari sebelum final pada 18 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement