Jumat 12 Aug 2022 04:30 WIB

Gus Baha: Kenangan Terbaik Hidup di Dunia adalah Sujud, Sholatlah!

Gus Baha mengajak umat Islam tak melupakan kewajiban akhirat berupa sholat

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Ulama Nahdlatul Ulama Gus Bahauddin Nursalim (kiri), mengajak umat Islam tak melupakan kewajiban akhirat berupa sholat
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Ulama Nahdlatul Ulama Gus Bahauddin Nursalim (kiri), mengajak umat Islam tak melupakan kewajiban akhirat berupa sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hidup di dunia hanya sementara karena Allah sudah menyiapkan kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Berlomba-lomba umat Islam menyiapkan perbekalan untuk kehidupan di akhirat.

Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA Rembang Jawa Tengah, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau kerap disapa Gus Baha mengingatkan umat Islam agar tidak tenggelam dalam gemerlap kehidupan di dunia dan tidak menyesali semua perbuatan yang dilakukan di dunia.

Baca Juga

“Kalau sudah meninggal, baru tahu ternyata haq betul itu sujud kepada Allah, memuji dan bersyukur atas nikmat Allah, Allah Mahabesar. Setelah di akhirat kamu hanya tahu satu kalimat yang haq, yaitu kenangan terbaik kamu di dunia adalah sujud sehingga kamu bakal heran ketika masa hidupmu tidak pernah sujud,” kata Gus Baha dalam video yang diunggah Santri Gayeng berjudul Akhirat Paling Utama, dikutip Kamis (11/8/2022).

Ada penjelasan soal orang-orang yang tidak menjalani perintah-Nya selama hidup dunia. Allah berfirman dalam surat Qaf ayat 22-23:

لَقَدْ كُنْتَ فِيْ غَفْلَةٍ مِّنْ هٰذَا فَكَشَفْنَا عَنْكَ غِطَاۤءَكَ فَبَصَرُكَ الْيَوْمَ حَدِيْدٌ وَقَالَ قَرِيْنُهٗ هٰذَا مَا لَدَيَّ عَتِيْدٌۗ

“Sungguh, kamu dahulu benar-benar lalai tentang (peristiwa) ini, maka Kami singkapkan penutup matamu, sehingga penglihatanmu pada hari ini sangat tajam. (Malaikat) yang menyertainya berkata, “Inilah (catatan perbuatan) yang ada padaku.”

“Artinya, gara-gara melihat gemerlap dunia bisa menjadi tidak tahu pentingnya Allah dan akhirat,” ujarnya.

Gus Baha menyebut Allah sebenarnya sudah berpesan kepada umat-Nya untuk tidak tertipu dalam berdaya dalam kehidupan di dunia. Allah berfirman dalam surat Fatir ayat 5:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۗ وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللّٰهِ الْغَرُوْرُ

“Wahai manusia! Sungguh, janji Allah itu benar, maka janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan janganlah (setan) yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.”

“Sholat lima kali sehari nikmatin karena sekali kamu terbiasa mementingkan dunia maka kamu akan lupa bahwa akhirat lebih penting. Itu adalah permulaan kamu akan tergelincir dari jalan yang benar,” tambahnya. 

 

Sumber: youtube 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement