Jumat 12 Aug 2022 01:30 WIB

Partai Buruh Optimistis Lolos Verifikasi KPU

Partai Buruh mendaftarkan sebagai peserta pemilu ke KPU pada Jumat (12/8/2022).

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Presiden Partai Buruh Said Iqbal.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Buruh mengklaim telah melengkapi syarat verifikasi yang telah disyaratkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon peserta pemilu 2024. Presiden Partai Buruh Saiq Iqbal, optimistis partainya lolos verifikasi KPU.

Said menjabarkan sebanyak 34 provinsi siap diverifikasi KPU. Kemudian sebanyak 440 kabupaten/kota atau 63 persen kecamatan juga siap diverifikasi. Lalu sebanyak 4.562 kecamatan, serta 311.772 keanggotaan juga siap diverifikasi.

Baca Juga

"Dengan demikan kami percaya, kami percaya berkeyakinan dengan  izin Allah Tuhan YME sanghyang widhi yang memberkati kita semua, kami berkeyakinan akan lolos verifikasi KPU," kata Said dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/8/2022).

Diberitakan sebelumnya, Partai Buruh dijadwalkan akan mendaftarkan diri sebagai peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 pada Jumat (12/8/2022) besok. Partai Buruh akan mendaftar ke KPU usai sholat Jumat. 

"Pada tanggal 12 Agustus 2022, jam 13.00 WIB Partai Buruh akan mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU untuk mengikuti sebagai calon peserta pemilu, yang selanjutnya  dilanjutkan verifikasi oleh KPU" ujarnya.

Rangkaian kegiatan pendaftaran akan diawali dengan melakukan long march atau karnaval kelas pekerja yang diklaim bakal diikuti sebanyak 10 ribu pekerja. Said mengatakan long march akan dimulai dari Tugu Proklamasi dan akan berakhir di kantor KPU.

"10 ribu orang kelas pekerja, ada yang berasal dari buruh pabrik, ada juga yang berasal dari buruh tani, nelayan, tenaga honorer, miskin kota, pekerja rumah tangga, buruh migran, ojek online, tukang sayur, supir bajaj, tukang becak, sopir angkot, mahasiswa dan pemuda pemudi, disabilitas yang kebetulan bekerja sebagai ojek online, kaum perempuan, pedagang, advokat, organisasi profesi lainnya," jelasnya.

Said mengatakan, karnaval akan dimulai pukul 10.00 WIB, dan akan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Para peserta akan melaksanakan sholat Jumat di depan gedung KPU. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement