Jumat 12 Aug 2022 16:57 WIB

Xiaomi Kalahkan Tesla dalam Prototipe Robot Humanoid

Xiaom terus menambahkan kemampuan pada robot humanoidnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Xiaomi mengalahkan Tesla dalam peluncuran prototipe robot humanoid.
Foto: EPA
Xiaomi mengalahkan Tesla dalam peluncuran prototipe robot humanoid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Xiaomi mengalahkan Tesla dalam peluncuran prototipe robot humanoid. Robot yang bernama Xiaomi CyberOne mempunyai tinggi 177 sentimeter, berat 52 kilogram, dan dijuluki “Metal Bro”. Selain itu, robot juga diberi tanda zodiak, Leo. 

Setelah berjalan ke tengah panggung dalam acara demonya, CyberOne memberikan bunga kepada CEO Lei Jun. Robot itu terlihat sangat canggih dan keluar dari panggung tanpa adanya hambatan.

Baca Juga

CyberOne merupakan produk kedua yang dikeluarkan dari Lab Robotika Xiaomi setelah CyberDog mulai Agustus tahun 2021. Mesin humanoid ini memiliki wajah berupa panel OLED melengkung yang dapat melihat dunia dalam 3D dan mendengar dengan dua mikrofon untuk mengidentifikasi 85 jenis suara lingkungan dan 45 klasifikasi emosi manusia.

Tubuhnya memiliki total 21 derajat kebebasan yang terdiri dari 13 sendi dengan setiap derajat kebebasan mampu merespons dalam 0,5 ms. Aktuator ekstremitas atasnya memiliki torsi keluaran hingga 30Nm dan dapat beroperasi dengan presisi hingga 1Nm untuk sentuhan lembut. Bagian bawahnya, yaitu kaki-kakinya ditenagai oleh aktuator dengan torsi hingga 300Nm. Namun, tentu saja, CyberOne jelas tidak segesit Atlas Boston Dynamics.

Dilansir Engadget, Jumat (12/8/2022), terlepas dari demo langsung yang mengejutkan, Lei mengatakan untuk saat ini, setiap CyberOne akan dikenakan harga sekitar 600 ribu hingga 700 ribu yuan atau sekitar 89.100 hingga 104 ribu dolar AS. Sampai saat itu, Xiaomi akan terus menambahkan kemampuan baru untuk robot humanoid pertamanya.

“Dengan kecerdasan buatan (AI) sebagai intinya dan bingkai humanoid ukuran penuh sebagai wadahnya, ini adalah eksplorasi kemungkinan ekosistem teknologi masa depan Xiaomi dan terobosan baru bagi perusahaan," tambah eksekutif tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement