Jumat 12 Aug 2022 18:30 WIB

BMKG: Sebagian Wilayah Sumatera Selatan Masih Berpotensi Hujan

Cuacara cerah berawan hingga hujan ringan masih berpotensi terjadi di Sumsel.

Red: Nora Azizah
Cuacara cerah berawan hingga hujan ringan masih berpotensi terjadi di Sumsel.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Cuacara cerah berawan hingga hujan ringan masih berpotensi terjadi di Sumsel.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat berpotensi mengalami hujan, pada Jumat (12/8/2022). Rilis BMKG diterima di Palembang, Jumat, menyebutkan pada pagi hari, cuaca cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Musi Rawas, Lubuk Linggau dan Musi Rawas Utara.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulur (OKU) Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKU, Muara Enim, Lahat dan Pagar Alam. Kemudian, yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Palembang, Prabumulih, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), OKU Selatan, Empat Lawang dan Musi Rawas Utara.

Baca Juga

Pada malam hari, BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin dan Banyuasin. Pada dini hari diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi kabut.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 ? 34 derajat Celcius hingga kelembaban udara 55-97 persen.Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 ? 32 derajat Celcius, kelembaban udara 60 persen - 100 persen. Angin dari Timur - Selatan dengan kecepatan 5,25 km per jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5  1,25 meter, cuaca diprakirakan hujan sedang, arah angin dari Timur Selatan dengan kecepatan 5, 28 km per jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi hingga sore hari di wilayah Musi Rawas, Lubuk Linggau, OKI, OKU Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKU, Muara Enim, Lahat dan Pagar Alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement