Sabtu 13 Aug 2022 11:54 WIB

Sampaikan Visi Misi di Surabaya, KIB Padukan Langkah untuk 2024

KIB menggelar konsolidasi di Surabaya.

Red: Muhammad Hafil
 Sampaikan Visi Misi di Surabaya, KIB Kuatkan Langkah untuk 2024. Foto: Viva Yoga Mauladi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Sampaikan Visi Misi di Surabaya, KIB Kuatkan Langkah untuk 2024. Foto: Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, konsolidasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Surabaya pada Ahad (14/8/2022) mendatang, untuk memadukan gerak parpol. Menurut dia, ini langkah awal karena setelahnya bakal bergerak ke seluruh provinsi. 

“Acara KIB di Jawa Timur bertujuan untuk merekatkan, melengketkan, memadukan, dan menyatukan gerak langkah politik dalam Pilpres 2024,” kata Viva,  Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga

Viva menegaskan, KIB akan menggelar hal yang sama di seluruh daerah. Termasuk tingkat kabupaten dan kota di Indonesia.

“Nanti KIB akan menyelenggarakan acara yang seperti di Surabaya di 34 provinsi dan 514 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia,” ujar Viva.

Di samping itu, lanjut dia, KIB juga akan mensosialisasikan platform koalisi untuk Indonesia Baru. Meski ideologi PAN, Golkar, dan PPP memiliki ciri-ciri khusus masing-masing. Kata Viva, tetapi tidak berbeda secara signifikan.

“Hal itu terumuskan di platform KIB sebagai pedoman dasar dan nilai perjuangan koalisi,” kata dia.

Viva menambahkan, KIB lebih memprioritaskan mengusung calon dari internal sebagai calon presiden. Di antaranya ada nama Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

“Di acara itu akan mengundang kader KIB di pimpinan daerah,” tegas dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menjelaskan, visi misi yang dimaksud dalam konsolidasi KIB besok di Surabaya adalah visi pemerintahan ke depan.

KIB mengusung visi besar dalam hal ini terkait dengan pemerintahan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Karena kan KIB merupakan kelanjutan dari pemerintahan Presiden Jokowi," kata pria yang akrab disapa Awiek.

Anggota Komisi VI DPR RI ini mengatakan, visi misi yang dibawa oleh KIB merupakan kelanjutan dari visi misi Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin.

Maka dari itu, Awiek menyebut, bahwa calon presiden (Capres) yang akan dimajukan oleh KIB tentu harus paham dan mengerti dari visi besar Presiden Jokowi, ke depan.

"Tentu presiden yang akan diusung nanti harus memahami visi besar tersebut dan bisa berkolaborasi ide terkait dengan menungkan visi dan misi tersebut," kata Awiek.

Terkait sosok capres yang akan diusung oleh KIB, Awiek menyebut akan terlihat ketokohan dari calon tersebut.

Apalagi, KIB memiliki arah visi yang sangat jelas. Sehingga, akan menarik para calon presiden untuk memiliki visi misi yang sama.

"Ya paling tidak, KIB memiliki arah visi yang jelas. Maka kemudian akan menarik, akan merangsang tokoh-tokoh yang memiliki visi yang sama dengan KIB untuk bergabung dan berangkat dari KIB," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement