Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Kenali Ciri-ciri Bendik Sarter Motor Rusak

Eduaksi | Saturday, 13 Aug 2022, 13:48 WIB

GPSKU - Starter bendi, umumnya dikenal sebagai tombol starter, adalah salah satu komponen mesin yang paling penting. Memulai mesin Anda dengan mudah dengan starter Bendik ini. Bagaimana jika starter bendic rusak? Setelah itu, mesin akan sulit dihidupkan. Anda harus mengetahui ciri-ciri busi starter mesin yang rusak berikut ini:

1. Baterai bagus tapi mesin tidak mau hidup

Fungsi pertama adalah untuk memeriksa status baterai. Jika baterai dalam kondisi baik tetapi mesin masih tidak mau hidup, Anda mungkin memiliki busur atau tombol starter yang rusak. Pemilik sepeda motor tidak perlu pergi ke bengkel untuk mengecek kondisi aki ini. Cukup dengan memeriksa lampu depan sepeda motor. Jika lampu motor

terlihat terang, berarti aki masih dalam kondisi baik. Untuk keamanan, pemilik sepeda motor bisa mengecek voltase aki di bengkel atau toko aki. Cek voltase aki biasanya murah, jadi pengendara motor tidak perlu khawatir.

2. Mendengar bunyi bip "mencetak" pada tombol starter

Berikutnya adalah suara "menekan" tombol starter. Suara ini biasanya ditampilkan ketika pengguna berulang kali menekan bendi. Jika Anda mendengar sesuatu seperti ini, itu berarti Anda memiliki arus yang berasal dari manifold starter yang rusak. Artinya motor tidak bisa dihidupkan karena tidak ada arus.

Bunyi "tekanan" ini biasanya terdengar sekali atau dua kali. Di dengar berulang-ulang, bisa dipastikan starter bendi memang rusak. Mohon segera bawa ke bengkel atau service center resmi untuk memastikan starter bendi berfungsi dengan baik.

Baca Juga pajak honda cb150r streetfire

3. Mesin dapat dihidupkan dengan kick starter

Ketiga, mesin dapat dihidupkan dengan kick starter. Untuk mengetahui sifat busi starter mesin yang rusak, dapat dilakukan pengujian dengan kick starter. Kickstarter adalah starter manual yang dinyalakan oleh kekuatan kaki Anda. Ingatlah untuk menempatkan motor di standar 2 sebelum menjalankan kickstarter. Injak

Kickstarter dengan kaki Anda sekuat yang Anda bisa untuk menyalakan motor. Jika mesin hidup, dapat ditentukan bahwa kerusakan sebenarnya telah terjadi pada tombol bendi atau starter.

4. Pemeriksaan Dinamo Pemula

Keempat, dinamo starter harus diperiksa. Dinamo starter adalah komponen mesin yang termasuk dalam bendi starter. Komponen-komponen ini umumnya dirancang untuk kinerja tinggi dan kecil kemungkinannya untuk rusak. Jika alternator starter dalam kondisi baik tetapi mesin tidak hidup, busur starter rusak. Untuk mengecek kondisi dinamo starter, pemilik motor bisa membawanya ke bengkel. Pasalnya, tidak semua pemilik sepeda motor memahami mesin dan kelistrikan mesin.

5 coba drivernya

Terakhir, lakukan tes dengan pengemudi. Metode ini dijalankan untuk menentukan apakah korupsi ada di bendi starter. Ambil dua obeng dan bongkar bendi atau tombol starter. Temukan konektor daya, lalu temukan terminal positif dan negatif. Jika terbungkus dalam lapisan kawat, Anda dapat mengikisnya sedikit sehingga Anda dapat melihat kawatnya.

Setelah memeriksa setiap kabel, sambungkan ke gagang obeng. Jika terhubung ke pegangan pengemudi, coba sambungkan keduanya. Jika Anda merasakan arus yang mengalir, berarti starter bendi tidak rusak. Namun jika tidak ada arus berarti starter bendi rusak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image