Ahad 14 Aug 2022 11:03 WIB

Menkes Ukraina Tuduh Rusia Blokir Akses Obat

Menkes Ukraina sebut Rusia tidak izinkan koridor kemanusiaan yang layak.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Menkes Ukraina Viktor Liashko mengatakan Rusia melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan memblokir akses ke obat-obatan.
Foto: EPA-EFE/STR
Menkes Ukraina Viktor Liashko mengatakan Rusia melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan memblokir akses ke obat-obatan.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Menteri Kesehatan Ukraina Viktor Liashko menuduh pihak berwenang Rusia melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan memblokir akses ke obat-obatan. Moskow diduga melarang peredaran obat-obatan di daerah-daerah yang diduduki pasukannya begitu menginvasi negara itu sejak Februari.

"Sepanjang enam bulan perang, Rusia tidak (mengizinkan) koridor kemanusiaan yang layak agar kami dapat menyediakan obat-obatan kami sendiri kepada pasien yang membutuhkannya," kata Liashko berbicara di Kementerian Kesehatan di pada Jumat (12/8/2022) malam.

Baca Juga

Liashko mengatakan, Rusia berulang kali telah memblokir upaya untuk menyediakan obat-obatan yang disubsidi Ukraina kepada orang-orang di kota-kota dan desa-desa yang diduduki. "Kami percaya bahwa tindakan ini diambil dengan sengaja oleh Rusia, dan kami menganggapnya sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang yang akan didokumentasikan dan akan diakui," katanya.

Pemerintah Ukraina memiliki program yang menyediakan obat untuk penderita kanker dan kondisi kesehatan kronis. Penghancuran rumah sakit dan infrastruktur bersama dengan pemindahan sekitar tujuh juta orang di dalam negeri juga telah mengganggu bentuk perawatan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement