Senin 15 Aug 2022 11:14 WIB

Forum Beasiswa Indonesia Gelar Kongres Beasiswa Indonesia Ke-2

Kongres akan diadakan secara daring pada 19-23 Agustus 2022.

Red: Irwan Kelana
Kepala Lembaga Beasiswa Baznas yang juga ketua Forum Beasiswa Indonesia, Sri Nurhidayah.
Foto: Dok Baznas
Kepala Lembaga Beasiswa Baznas yang juga ketua Forum Beasiswa Indonesia, Sri Nurhidayah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena tentang kisah beberapa penerima beasiswa yang enggan mengabdi di  Indonesia sepulang dari sekolah di luar negeri sempat membuat geram masyarakat di media sosial. Beberapa menilai  tindakan yang dilakukan para alumni penerima beasiswa ini mangkir dari aturan atau melanggar kode etik penerimaan  beasiswa.

Kasus para alumni beasiswa yang enggan berkarya di Tanah Air sepulang dari studi sebenarnya sudah  lama terjadi, namun bagaimanakah sebenarnya aturan yang berlaku? Apakah para alumni ini diharuskan kembali ke  Indonesia dan mengabdikan diri demi kepentingan negeri? Atau sebaliknya apakah pandangan bahwa mengabdi  kepada bangsa tidak harus pulang ke Tanah Air boleh diterima? 

Untuk menjawab berbagai pro kontra itu, Komite Forum Beasiswa Indonesia yang terdiri dari berbagai lembaga  pengelola beasiswa menyelenggarakan Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 pada 19-23 Agustus 2022. Acara bertajuk  tema “Pemberdayaan Alumni Beasiswa untuk Indonesia Maju” akan diselenggarakan secara virtual.  

Ketua Forum Beasiswa Indonesia Sri Nurhidayah mengatakan bahwa Kongres Beasiswa Indonesia berperan  mempertemukan para pengelola beasiswa dari semua instansi, baik lembaga pemerintah, luar negeri, perusahaan  dan yayasan. Kongres ini bisa menjadi ajang untuk berdiskusi soal berbagai isu dan tangangan pembangunan sumber  daya manusia (SDM) Indonesia melalui program beasiswa. 

Harapannya kongres nasional ini bisa berdampak luas  bagi kehidupan bangsa. “Alumni beasiswa telah mendapatkan kesempatan menimba ilmu, keistimewaan, serta  pengalaman bermakna dalam meningkatkan kualitas diri. Dengan predikat itu semua, alumni beasiswa memiliki  amanah dan tanggung jawab yang teramat besar,” kata Sri dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (12/8/2022).  

Ketua 1 Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 Habiddin  PhD menambahkan bahwa sebagai alumni beasiswa yang telah  mendapatkan kesempatan menimba ilmu, privilage, dan pengalaman bermakna lainnya dapat meningkatkan kualitas  diri yang diharapkan untuk masyarakat. Dengan predikat itu semua, alumni beasiswa memiliki amanah dan tanggung  jawab yang teramat besar. 

Menurutnya, tanggung jawab yang besar dalam membangun bangsa sedianya akan menjadi lebih  ringan jika setiap alumni beasiswa mampu berkolaborasi dan bergotong royong dalam karya di manapun ranahnya.  Dengan demikian diangkatlah #GotongRoyongAlumniBeasiswaUntukIndonesiaMaju sebagai slogan Kongres  Beasiswa Indonesia ke-2. "Harapannya slogan ini sejalan dengan semangat yang digaungkan pada bulan  Kemerdekaan ini," kata Habiddin yang juga mewakili Paguyuban DIKTIERS, Alumni BPPLB-BPPDN DIKTI  Kemendibudristek. 

Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke-77, dengan tema besar Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, seharusnya bisa  menjadi momentum untuk alumni beasiswa menunjukkan kepada ibu pertiwi apa yang telah dikerjakannya. “Bukan  sekedar unjuk gigi, tapi inilah #GotongRoyong anak bangsa untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” kata Habiddin.  Ia berharap alumni beasiswa dengan karya dan kiprah masing-masing akan menjadi katalisator pemulihan dan  kebangkitan Bangsa Indonesia.

“Pemberdayaan Alumni Beasiswa untuk Indonesia Maju” 

Ketua 2 Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 Aqil Wilda Arief menambahkan bahwa cerita baik dari ikatan alumni  beasiswa bisa menjadi pengetahuan serta inspirasi berharga juga motivasi bagi peserta beasiswa dan pemuda lainnya  untuk segera ikut memberikan dampak bagi Ibu Pertiwi. "Penting bagi lembaga pengelola beasiswa untuk terus  berinovasi dalam penanganan beasiswa supaya lebih berdampak dan memberikan efek domino bagi pembangunan  Bangsa," kata Aqil yang mewakili Rumah Kepemimpinan. 

Menurutnya, aktivitas alumni beasiswa di ranah ekonomi, bidang lingkungan maupun aspek kesehatan menjadi bukti bahwa alumni  beasiswa akan terus berkarya untuk Indonesia. Dukungan dari para tokoh yang menjadi narasumber di Kongres  Beasiswa Indonesia ke-2 juga menjadi pemantik untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. 

“Tidak peduli  apa warna, apa preferensi politik, apa latar belakang keilmuan, apa status sosialnya, semua alumni beasiswa dan  pemuda Indonesia perlu untuk membangun kolaborasi dan #GotongRoyong antar sesama,” kata Aqil.  

Harapannya Kongres Beasiswa Indonesia ke-2 bisa menjadi ajang masyarakat dan peserta acara dalam menyerap  segala praktik baik alumni beasiswa, lembaga pengelola beasiswa, ikatan / forum alumni beasiswa dalam rangka  memajukan gerakan beasiswa untuk supaya lebih berdampak. “Acara ini pun diharapkan bisa memberikan ajang  gotong royong alumni beasiswa dalam berkontribusi dan berkolaborasi bersama untuk Indonesia Maju,” ujarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement