Senin 15 Aug 2022 13:13 WIB

Survei Parameter: Tiga Tokoh Bakal Bersaing Ketat di Pilgub Banten

Akseptabilitas Andika Hazrumy tertinggi, elektabilitas Wahidin Halim tertinggi.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Dokumentasi. Gubernur Banten Wahidin Halim tertinggi dibandingkan tiga nama lain dalam Pilgub Banten.
Foto: Dok Pemprov Banten
Dokumentasi. Gubernur Banten Wahidin Halim tertinggi dibandingkan tiga nama lain dalam Pilgub Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Parameter Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait peta kekuatan bakal calon gubernur Banten 2024. Hasilnya, tiga tokoh bakal bersaing ketat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten.

"Jika pemilihan gubernur dilakukan hari ini, maka ada tiga tokoh yang akan bersaing ketat yaitu Wahidin Halim, Andika Hazrumy, dan Rano Karno," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8/2022).

Baca Juga

Andika Hazrumy mendapatkan tingkat akseptabilitas yang tinggi dengan 68,1 persen. Disusul, Wahidin Halim dengan 67,7 persen, dan Rano Karno 65,5 persen.

"Dengan tingkat akseptabilitas tertinggi (68,1 persen), dan popularitas yang masih di angka 63,3 persen, Andika Hazrumy memiliki potensi kenaikan elektabilitas yang masih besar ke depan seiring dengan semakin dikenalnya figur Andika Hazrumy di mata masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, elektabilitas Wahidin Halim tertinggi jika survei dilakukan secara spontan, yaitu dengan 17,9 persen, Andika Hazrumy 16,7 persen, dan Rano Karno 15,6 persen.

Sedangkan elektabilitas tertutup, Wahidin Halim mendapat angka 18,6 persen, Andika Hazrumy 18,1 persen, dan Rano Karno 17,1 persen.

Pengambilan data untuk survei ini dilakukan 23 Juli-4 Agustus 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

Sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 800 responden dengan metode multistage random sampling. Margin of error sebesar lebih kurang 3,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement