Senin 15 Aug 2022 15:25 WIB

Pemkab Batang Inisiasi Gerakan Hibah Buku untuk Tingkatkan Minat Baca

Hibah satu orang satu buku sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat membaca

Red: Nur Aini
Membaca buku (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menginisiasi gerakan hibah satu orang satu buku sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat membaca.
Foto: dompet dhuafa
Membaca buku (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menginisiasi gerakan hibah satu orang satu buku sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat membaca.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menginisiasi gerakan hibah satu orang satu buku sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Batang Rakhmat Fadilah di Batang, Senin, mengatakan bahwa rencananya program hibah buku tersebut diselenggarakan bersamaan kegiatan Pekan Raya Batang yaitu pada akhir Agustus 2022.

Baca Juga

"Pada kegiatan itu, nantinya akan dimeriahkan bazar buku dari penerbit dari beberapa kota. Selain itu, kegiatan itu juga akan diisi dengan peluncuran gerakan hibah satu orang satu buku," katanya.

Menurut dia, gerakan hibah buku itu sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Batang yaitu pada Pekan Raya Batang 2019 dengan sasaran untuk kalangan aparatur sipil negara. Pada program hibah buku 2019, kata dia, Dinas Perpustakaan Kabupaten Batang sudah menyerahkan sejumlah buku pada perpustakaan yang membutuhkan seperti perpustakaan desa, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan komunitas.

"Oleh karena itu, pada acara Pekan Raya Batang 2022 akan kami lanjutkan program hibah buku yang akan menyasar pada seluruh masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, dengan perluasan sasaran gerakan hibah ini, maka diharapkan akan dapat membantu para penggiat literasi.

"Saat ini, kami masih melakukan pendataan untuk menentukan sasaran penerima hibah buku nanti," kata Rahmat Fadilah.

Selain gerakan hibah buku, pada kegiatan Pekan Raya Batang 2022 juga akan dimeriahkan aneka kegiatan seperti lomba menari, menggambar, karaoke, bercerita, serta workshop penulisan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement