Senin 15 Aug 2022 20:55 WIB

Inggris Setujui Vaksin Berbagai Varian Covid-19

Inggris jadi negara pertama yang menyetujui vaksin untuk varian original dan Omicron

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Seorang petugas kesehatan Indonesia menunjukkan botol vaksin Moderna
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Seorang petugas kesehatan Indonesia menunjukkan botol vaksin Moderna

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris jadi negara pertama yang menyetujui vaksin untuk varian original dan Omicron Covid-19. Regulator obat-obatan Inggris (MHRA) menyetujui vaksin bivalen dari perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Moderna.

Vaksin itu disetujui untuk digunakan sebagai vaksin booster orang dewasa. MHRA mengatakan keputusan ini berdasarkan data uji klinis yang menunjukkan booster vaksin tersebut memicu "respon imun kuat" baik pada Omicron (BA.1) dan virus Covid-19 original tahun 2020.

MHRA juga menyinggung penjelasan analisis yang mengatakan vaksin juga akan menghasilkan respon imun yang baik terhadap Omicron galur BA.4 dan BA.5.

"Vaksin Covid-19 generasi pertama yang digunakan di Inggris masih membuktikan penting perlindungan terhadap penyakit dan menyelamatkan nyawa," kata Kepala MHRA June Raine, dalam pernyataannya, Senin (15/8/2022).

"Apa yang diberikan vaksin bivalen adalah mempertajam alat dalam persenjataan kami untuk membantu melindungi kami dari penyakit seperti virus yang terus berkembang," tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement