Senin 15 Aug 2022 22:14 WIB

Ancelotti Gantung Nasib Marco Asensio

Asensio membutuhkan jam terbang guna bisa tampil di Piala Dunia 2022.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

Marco Asensio. (Twitter/@ChampionsLeague)
Marco Asensio. (Twitter/@ChampionsLeague)

KARTUMERAH – Manager Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengaku membutuhkan kehadiran winger Marco Asensio. Namun, Ancelotti sejauh ini tak kunjung menurunkan Asensio dalam dua pertandingan musim ini.

Pertama ketika Real Madrid menaklukkan Eintracht Frankfurt 2-0 di Piala Super UEFA di Helsinki, Finlandia, pada dua pekan lalu. Asensio tidak melakukan pemanasan alias tidak diturunkan. Padahal, winger berusia 26 tahun itu melakoni debut bersama Real Madrid dengan gol spektakuler pada Piala Super UEFA 2016.

Janji Ancelotti untuk lebih banyak merotasi pemain, sedikit memberikan hiburan dan harapan bagi Asensio. ‘’Tetapi, fakta bahwa dia telah jatuh lebih dalam lagi,’’ sebut laporan Marca.

Asensio kembali hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat Real Madrid menundukkan Almeria 2-1 dalam laga pembuka musim La Liga Spanyol. Ancelotti melakukan lima pergantian pemain, namun Asensio bukan salah satunya.

Pemain penting

Meski tidak diturunkan, Ancelotti tetap menilai Asensio sebagai pemain penting Real Madrid. ‘’Dia penting selama dia adalah pemain Real Madrid,’’ kata Ancelotti usai laga lawan Almeria pekan lalu.

‘’Dia pemain Madrid selama belum ada perubahan. Jika dia layak untuk bermain, dia akan mendapatkannya,’’ kata pelatih asal Italia tersebut. "Kita jangan melupakan kontribusinya tahun lalu. Dia mencetak banyak gol.’’

Pada musim lalu, Asensio memiliki waktu bermain sebanyak 2.110 menit. Ia mengakhiri musim di tempat ke-15 untuk pemain Real Madrid dengan menit terbanyak. Dan, mantan pemain Mallorca itu mampu mencetak 12 gol.

Piala Dunia

Namun, musim ini, Asensio mungkin akan terbiasa menghabiskan lebih banyak waktu di bangku cadangan daripada di starting XI pada 2021/22. Dan, itu tidak menguntungkan karena Asensio butuh banyak jam terbang untuk bisa mendapatkan kesempatan memperkuat timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Real Madrid juga belum mengajukan tawaran perpanjangan kontrak kepada Asensio yang kontraknya akan berakhir pada 2023. Sang pemain mengharapkan untuk mendapatkan lebih banyak tawaran yang menguntungkan dari segi uang dan proyek olahraga.

Selain itu, ada kepentingan untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022 Qatar pada November mendatang. ‘’Itu selalu menjadi prioritas utama bagi Asensio. Dan, kepentingan itu telah meningkat sejak Luis Enrique memanggilnya pada Juni lalu,’’ sebut Marca.

Situasi tidak menguntungkan bagi Asensio yang membutuhkan jam terbang guna mendapatkan kepercayaan Luis Enrique. Karena, sejauh ini Ancelotti belum memberikan tanda-tanda akan menurunkan Asensio sebagai pemain inti.

Real Madrid pun tak memberi sinyal akan melepas Asensio agar sang pemain bergabung dengan klub yang memberinya jam terbang lebih. Jika kondisinya tidak berubah, tidak tertutup kemungkinan Asensio bakal kehilangan kesempatan memperkuat Spanyol di Piala Dunia 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement