Selasa 16 Aug 2022 06:00 WIB

Kejuaraan UCI MTB 2022 Ajang Menduniakan Kalteng

Di Asia Tenggara Indonesia satu-satunya negara yang menyelenggarakan kejuaraan ini,

Red: Hiru Muhammad
Dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, Kalteng telah ditunjuk Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) sebagai tuan rumah penyelenggaraan event kejuaraan dunia balap sepeda gunung Union Cycliste Internationale  Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke 8.
Foto: istimewa
Dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, Kalteng telah ditunjuk Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) sebagai tuan rumah penyelenggaraan event kejuaraan dunia balap sepeda gunung Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke 8.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA--Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 merupakan momentum istimewa bagi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, dalam rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, Kalteng telah ditunjuk Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) sebagai tuan rumah penyelenggaraan event kejuaraan dunia balap sepeda gunung Union Cycliste Internationale  Mountain Bike (UCI MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke 8. 

Perhelatan event dunia tersebut akan digelar pada tanggal 28 Agustus 2022 di area Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah. UCI MTB Eliminator World Cup 2022 merupakan kejuaraan terbuka tingkat dunia yang digelar di 11 negara termasuk Indonesia. 

Baca Juga

Di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia merupakan  satu-satunya negara yang menyelenggarakan kejuaraan ini, Kalimantan Tengah tepatnya Kota Palangka Raya telah dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan  ajang bergengsi ini. Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang juga selaku Ketua ISSI Kalimantan Tengah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kapolri yang juga Ketua Umum PB ISSI Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah mempercayakan Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah kejuaraan dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

photo
Perhelatan event dunia tersebut akan digelar pada tanggal 28 Agustus 2022 di area Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah. (istimewa)

 

"Momentum luar biasa ini harus dipersiapkan dengan baik serta dimanfaatkan dengan optimal untuk menggerakkan semua sektor, karena wajah Indonesia ada di Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah," katanya beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut Sugianto menyebut kejuraaan dunia ini akan diikuti peserta dari 33 negara dan disiarkan secara langsung ke 132 negara. Oleh sebab itu acara tersebut menurutnya merupakan momentum strategis untuk memperkenalkan Kalteng di mata dunia. Berbagai macam produk-produk unggulan dari usaha kecil menengah, destinasi wisata, dan keragaman budaya yang berpijak pada kekayaan dan kearifan lokal Kalteng akan dipromosikan dalam event tersebut. 

"Kita akan persiapkan dengan baik produk-produk unggulan UMKM, paket wisata, hingga pagelaran kesenian dan budaya untuk memperkenalkan kekayaan dan kearifan lokal yang kita miliki. Sehingga ini menjadi ajang promosi daerah yang sangat strategis, disamping menjadi daya ungkit perekonomian agar segera pulih akibat hantaman pandemi covid 19  dua tahun terakhir," ungkapnya. 

Berkaitan  dengan kesiapan lokasi pameran UMKM di Bandara Tjilik Riwut, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran melakukan pemeriksaan sejumlah space yang digunakan para perajin. Menurut istri Gubernur ini pihak bandara memberikan space gratis untuk kegiatan pameran berbagai macam produk unggulan dari provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai n adv

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement