Selasa 16 Aug 2022 20:00 WIB

Cek Pengumuman Hasil Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota di Laman ksm.kemenag.go.id

KSM Kabupaten/Kota diikuti 129.292 siswa dari total total 135.129 pendaftar.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi meninjau pelaksanaan KSM Kabupaten/Kota 2022. Foto : kemanag.go.id
Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi meninjau pelaksanaan KSM Kabupaten/Kota 2022. Foto : kemanag.go.id

Kampus--Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten/Kota yang berlangsung dari 13 sampai 15 Agustus 2022 telah berakhir. KSM diikuti oleh 129.292 siswa untuk semua jenjang, mulai dari Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan dari total 135.129 pendaftar, ada 129.292 siswa MA, MTs, dan MI yang mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota. Angka partisipasinya mencapai 96%.

“Hasil seleksi tingkat Kabupaten/Kota ini akan diumumkan pada 18 Agustus 2022 web ksm.kemenag.go.id,” kata Isom di Jakarta, Senin (15/08/22) seperti dirilis lama kemenag.go.id.

Menurut Isom, para peserta yang dinyatakan lolos seleksi, selanjutnya akan mengikuti KSM tingkat Provinsi. Tahap ini akan digelar pada 10 sampai 11 September 2022. Adapun KSM tingkat nasional akan digelar secara luring (luar jaringan) di Jakarta pada Oktober 2022.

Untuk tingkat Kabupaten/Kota, lanjut Isom, KSM digelar secara Computer Based Test (CBT) pada 1.956 titik lokasi ujian di seluruh Indonesia. Mayoritas mengikuti ujian secara terpusat pada lokasi yang ditentukan oleh panitia kabupaten/kota. Namun, ada sekitar 10% peserta yang mengikuti ujian di madrasah masing-masing karena kondisi yang tidak memungkinkan.

Alhamdulillah, aplikasi CBT berjalan lancar selama tiga hari ini dan komplain dari peserta yang sangat minim,” papar Isom.

Isom mengaku sempat ragu dengan pilihan pelaksanaan KSM secara terpusat. Sebab, selama dua tahun pandemi, KSM selalu digelar secara daring. “Namun, ternyata di lapangan sangat berbeda sambutanya. Bahkan, para guru pendamping dan orang tua juga rela menunggu berjam-jam di luar, ketika peserta mengikuti ujian,” terangnya.

Ketua Tim Ahli, Kusaeri, mengatakan angkat partisipasi mencapai 96% menunjukkan semangat dan antusiasme siswa madrasah mengikuti kompetisi. Bahkan, menurutnya, meski sebagian peserta di Kabupaten/Kota tidak bisa mengikuti ujian di lokasi karena cuaca ekstrim yang terjadi, misalnya di MTs Muhammadiyah Waibu Kabupaten Raja Ampat.

“Cuaca ekstrim tak mengurangi semangat peserta mengikuti ujian, bahkan mereka sampai harus menumpang ke rumah warga hanya demi sinyal internet,” terangnya.

Kasubdit Kesiswaan Nanik Pujihastuti, selaku penanggung jawab KSM menambahkan bahwa topologi wilayah di Indonesia memang sangat beragam. Untuk daerah di Sulawesi Tenggara misalnya, ada yang kawasannya berupa pegunungan sehingga menyebabkan koneksi jaringan terputus-putus. Oleh karena itu, tidak memungkinkan bagi peserta untuk mengikuti ujian di lokasi ujian madrasah yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk mendapatkan koneksi yang stabil, ada peserta yang mengikuti ujian di area pepohonan.

Baca juga :

133.354 Peserta Ikut KSM 2022, Naik 97,5 persen

Kemenag Gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Simak Jadwalnya

Mantaap, 98 Persen Siswa MAN 1 Banda Aceh Lulus PTN dan PTKIN

Hebat, 96 Persen Siswa MAN 13 Jakarta Diterima di PTN dan PTKIN

Siswa MTsN 3 Tuban Raih Emas di Ajang Master Sains Competition Point 4.0 Nasional

Putri Wahyu, Anak Petani, Siswi MAN 2 Ponorogo Raih Beasiswa University of British Columbia, Kanada

Mantap ! Tim MAN 2 Ponorogo Raih Gold Medal Asia Selelah Meneliti Tunagrahita

Keren...Salwa Putri, Siswa MAN Insan Cendekia Pasuruan Juara Kompetisi Karya Seni Internasional

30 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia , Salah Satunya Sekolah Ranking 1 Nasional

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Advertisement