Rabu 17 Aug 2022 11:22 WIB

Jokowi dan Iriana Kenakan Pakaian Adat Buton

Jokowi mengenakan pakaian adat dolomani dari Buton.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (17/8/2022).
Foto: Dok Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presid
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara, Rabu (17/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti biasa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat saat memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta. Kali ini, pakaian tradisional Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara menjadi pilihannya.

"Ini baju Dolmani dari Buton," ucap Jokowi singkat sebelum upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dimulai,Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Baju Dolomani dari Buton yang dipakai Jokowi berbentuk jubah panjang warna merah dengan ornamen putih di sepanjang pinggiran jubah. Presiden juga mengenakan celana merah dengan ornamen putih senada.

Di dalam jubah merah panjang, Presiden Jokowi menenakan kemeja putih gading berhias payet yang tampak serasi dengan ornamen jubah. Tidak ketinggalan tutup kepala bundar, masih dengan ornamen putih dan sarung berwarna hitam dan putih.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mengenakan pakaian tradisional Buton. Ia memakai baju atasan dan bawahan berwarna biru cerah dengan ornamen emas yang menghiasi permukaan baju.

Ibu Negara juga mengenakan syal biru emas dan juga sapu tangan dengan warna senada. Tidak ketinggalan Ibu Negara memakai mahkota emas di kepala dengan ukuran cukup besar.

Jokowi tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang juga mengenakan pakaian adat saat menyapa awak media yang menunggu di samping Istana Merdeka. Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ini turut dihadiri para tokoh dan pejabat negara, seperti Wapres ke-6 Try Sutrisno dan Ketua MK Anwar Usman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement