Rabu 17 Aug 2022 22:00 WIB

Pameran Virtual Kabah Diluncurkan

Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menggelar pameran virtual Kabah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Kabah (ilustrasi)
Foto: RepublikaTV/Sadly Rachman
Kabah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKKAH --  Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menggelar pameran virtual Kabah. Tujuannya, untuk meningkatkan pengetahuan pengunjung tentang Ka'bah Suci yang bertempat di Masjidil Haram di Makkah.

“Pameran ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman pengunjung dan menyoroti upaya kerajaan dalam melayani dua masjid suci dan merawat para jamaah,” kata Wakil Presiden untuk Urusan Pameran dan Museum Eng Maher Al Zahrani, dikutip di Gulf News, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga

Ia menambahkan, pada kesempatan pencucian Ka'bah, kegiatan pameran ini juga menampilkan beberapa alat yang digunakan dalam proses pencucian atau pembersihan.

Pada Selasa (16/8/2022) pagi, Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman memimpin proses pembersihan Ka'bah untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari empat tahun, atas nama Raja Salman bin Abdul Aziz.

Dalam siaran yang dilakukan Al Ekhbariya TV, ditampilkan pewaris kerajaan yang tampak melakukan upacara pencucian dinding situs suci menggunakan air Zamzam suci, yang dicampur dengan air mawar.

Setibanya di Masjidil Haram, Pangeran Mohammad melakukan ritual mengelilingi Ka'bah dan doa tawaf, sebelum menuju ke dalam situs untuk memimpin upacara pencucian.

Kegiatan pembersihan dan pencucian Ka'bah ini mengikuti tradisi Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut dilakukan selama Muharram, bulan pertama tahun Hijriah Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement