Rabu 17 Aug 2022 22:23 WIB

Khidmat, Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Ciremai

Puncak Gunung Ciremai yang memiliki ketinggian 3.078 Mdpl merupakan puncak tertinggi di Jawa Barat.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Partner
.
Foto: network /Lilis Sri Handayani
.

Upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun di puncak Ciremai. (Humas Basarnas Kantor SAR Bandung) 
Upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun di puncak Ciremai. (Humas Basarnas Kantor SAR Bandung)

KUNINGAN -- Basarnas Kantor SAR Bandung menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke- 77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Selain digelar di halaman Kantor SAR Bandung, sejumlah personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung juga mengikuti upacara kemerdekaan di Puncak Gunung Ciremai.

Di puncak Gunung Ciemai yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu, upacara bendera dimulai pukul 08.30 WIB. Upacara pun berjalan lancar dan khidmat.

Upacara itu diikuti oleh instansi dan potensi SAR Jawa Barat, diantaranya wabup Majalengka, anggota DPRD Kuningan, anggota DPRD Kota Cirebon, BPBD Kuningan, Polres Majalengka dan potensi SAR di wilayah Kuningan, Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Bahkan, ada ketua dan wakil ketua DPD dari partai politik yang ikut serta dalam upacara tersebut.

Kepala Seksi Sumber Daya, Iwan Ramdan, menjelaskan, rombongan Kantor SAR Bandung tiba di puncak gunung Ciremai pada Rabu (17/8/2022) pukul 06.35 WIB. Selanjutnya, dilaksanakan upacara bendera pada pukul 08.30 WIB.

Berdasarkan informasi dari pos pendakian, jumlah pendaki di Gunung Ciremai pada hari kemerdekaan ini sekitar 445 orang, tersebar di pos enam, pos lima dan pos empat.

‘’Pelaksanaan pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi di Jawa Barat itu merupakan bentuk syukur, bakti dan hormat atas kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia hingga 77 tahun merdeka. Semangat para pahlawan yang dahulu berjuang di medan perang akan terus digaungkan, demi Indonesia yang lebih maju,’’ tandas Iwan. (Lilis Sri Handayani)

Advertisement