Kamis 18 Aug 2022 13:04 WIB

6 Insiden Rebutan Penalti, Nomor 3 Bikin Geleng-Geleng Kepala

Lionel Messi mengalah untuk membiarkan Zlatan Ibrahimovic mengambil penalti.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

Neymar dan<a href= Kylian Mbappe berebut penalti. (Twitter/@DeadlineDayLive)" />
Neymar dan Kylian Mbappe berebut penalti. (Twitter/@DeadlineDayLive)

KARTUMERAH -- Hadiah penalti menjadi berkah bagi sebuah tim karena berpeluang mencetak gol dengan mudah dari titik putih. Namun, hadiah penalti juga bisa membuat tim retak karena pemainnya rebutan untuk menjadi algojonya.

Seperti dikutip dari Marca, berikut 5 insiden rebutan penalti. Nomor 3 bikin geleng-geleng kepala.

1. Neymar vs Kylian Mbappe

Insidennya baru saja terjadi pekan lalu saat PSG menghadapi Montpellier. Mbappe ingin mengambil penalti kedua PSG, setelah sebelumnya gagal pada percobaan penalti pertamanya.

Neymar berkeras tidak memberikan penalti kedua tersebut kepada Mbappe. Mantan pemain Barcelona itu mengeksekusi sendiri dan berhasil mencetak gol. Usai pertandingan, Neymar pun memberikan tanda like pada sebuat unggahan media sosial yang mencibir Mbappe.

2. Neymar vs Cavani

Neymar sebelumnya juga pernah rebutan penalti dengan Edinson Cavani pada 2017. Neymar saat itu baru bergabung dengan PSG.

Cavani menolak memberikan kesempatan eksekusi penalti kepada Neymar. Pemain Uruguay itu mengeksekusinya sendiri, tetapi sayang gagal.

3. Mario Balotelli

Balotelli melakukannya berulang-ulang kali, yakni coba merebut kesempatan tendangan penalti dari pemain yang sudah ditunjuk untuk melakukan eksekusi. Ketika berseragam Inter Milan pada 2009, Balotelli mencoba mengambil bola dari Samuel Eto'o. Javier Zanetti langsung melakukan intervensi. Eto’o menjalankan tugasnya dan mencetak gol.

Balotelli kembali melakukanya ketika membela Liverpool menghadapi Besiktas pada 2015. Dia merebut bola dari Jordan Henderson, mengeksekusi penalti dan sukses mencetak gol.

Steven Gerrard langsung mengecam sikap Balotelli. ‘’Itu sungguh tidak menghormati Henderson," kata Gerrard tentang situasi tersebut.

4. Vidal vs Ballack

Arturo Vidal dan Michael Ballack berselisih beberapa tahun lalu ketika keduanya bermain di lini tengah bersama untuk Bayer Leverkusen. Vidal mengaku bertanggung jawab atas tendangan penalti dan menolak menyerahkannya kepada pemain Jerman itu.

"Dia meminta bola kepada saya dan saya bilang tidak," kata Vidal. "Kami adalah teman dekat. Saya bisa saja memberikannya kepadanya, tetapi saya harus memegang tanggung jawab (tendangan penalti) tersebut.’’

5. Ambillah, Ibra

Lionel Messi pernah mengalah untuk membiarkan Zlatan Ibrahimovic mengambil penalti untuk Barcelona. Karena, Messi merasa penyerang Swedia itu lebih membutuhkan gol daripada dirinya.

6. Cristiano Ronaldo vs Xabi Alonso

Di Real Madrid, aturan menentukan bahwa penalti dilakukan oleh Cristiano Ronaldo sejak dia bergabung dengan tim. Pada tahun 2010, Xabi Alonso meminta Ronaldo melepas hak istimewanya dalam pertandingan melawan Villarreal.

Ronaldo, yang sebenarnya enggan berbagi, memberikan bola kepada Alonso yang akhirnya mencetak gol pertamanya dalam pertandingan yang sudah ditentukan algojo penaltinya. Seusai pertandingan, wajah Ronaldo terlihat tidak bahagia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement