Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Saiful Kameli

Alat-Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Roti Sendiri di Rumah

Kuliner | Thursday, 18 Aug 2022, 15:48 WIB
image credit: freepic

Siapa sih yang tidak kenal roti? Makanan asli Eropa berbahan dasar tepung terigu dan air ini merupakan salah satu yang terpopuler di dunia dan kerap disantap sebagai menu sarapan, menu utama, maupun menu pendamping lainnya–entah untuk santapan manis maupun gurih. Contoh: roti coklat, sandwich, burger, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika kita hampir bisa menemukan roti di belahan dunia mana pun dan makanan berbahan dasar roti pun menjadi salah satu peluang bisnis yang tidak diragukan.

Nah, jika kamu merupakan salah satu penggemar berat roti atau makanan berbahan dasar roti, pernah kah terlintas di pikiran kamu untuk membuat roti sendiri? Yup, kamu bisa banget loh mencoba membuat roti di dapurmu sendiri, entah sebagai konsumsi pribadi atau menjualnya lagi agar mendapatkan keuntungan. Caranya bagaimana sih? Apa saja alat-alat yang kamu butuhkan untuk membuat roti?

Mixer Roti

Kamu yang sering membuat kue pasti sudah tidak asing dengan alat yang bernama “mixer”. Lantas, apa itu mixer roti? Apakah sama saja dengan mixer yang biasa dibuat untuk membuat kue? Pada dasarnya, kedua jenis mixer ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat adonan. Tapi ternyata mereka memiliki perbedaan.

Perbedaan mixer roti dan mixer kue terletak pada bentuk dan kapasitas atau jumlah adonan yang dibuat. Mixer roti biasanya berbentuk viral atau huruf C pada stand mixer. Hal ini dibutuhkan karena adonan roti cenderung lebih berat dan membutuhkan waktu yang lebih untuk “istirahat” karena harus dicampur dengan ragi.

Mengetahui bahwa adonan merupakan bahan dasar dan utama dalam roti, bisa dibilang bahwa mixer roti merupakan salah satu alat terpenting yang harus ada dalam membuat adonan roti. Jadi, pastikan untuk memiliki alat ini jika kamu berencana untuk membuat roti sendiri, ya!

Timbangan Digital

Selain mixer untuk adonan, timbangan juga merupakan alat yang kamu butuhkan untuk membuat roti, terutama timbangan digital. Sebuah adonan hanya terbentuk dengan baik jika memiliki komposisi dan jumlah bahan yang tepat, di sini lah timbangan digital melakukan perannya dengan memberikan akurasi tinggi bagi setiap bahan adonan yang kamu tuang.

Mangkuk atau Wadah

Faktanya, kamu membutuhkan mangkuk atau wadah dalam beberapa ukuran untuk membuat roti. Mangkuk atau wadah dalam beberapa ukuran akan membantu kamu dalam mengorganisir proses pembuatan roti dengan lebih baik. Lebih baik lagi jika wadah-wadah tersebut terbuat dari stainless steel agar adonan tidak mudah lengket.

Rolling Pin

Selanjutnya, tentu saja kamu membutuhkan rolling pin untuk memipihkan atau menggilas adonan roti. Hal ini akan membuat rotimu memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Selain itu, alat ini juga akan membantu kamu dalam membentuk roti.

Loyang dan Oven

Last but not least, kamu harus mempunyai kedua alat ini untuk mematangkan rotimu dengan sempurna. Loyang sebagai wadah roti ketika dimasukkan ke dalam oven, dan oven sebagai alat pemanggang hingga rotimu matang dan mengembang. Pastikan ovenmu memiliki perapian yang baik serta menggunakan suhu yang sesuai yaitu sekitar 180 hingga 200 derajat Celcius.

Bagaimana? Sudah siapkan alat-alat tersebut di atas untuk membuat roti pertamamu, belum? Pastikan kamu melengkapi semua alat yang dibutuhkan, memilih mixer roti yang sesuai, dan membaca cara membuat roti yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang sempurna, ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image