Kamis 18 Aug 2022 19:54 WIB

Riau akan Datangkan Cabai dari Sumut untuk Tekan Inflasi

Riau tak lagi datangkan cabai dari Sumbar

Rep: Febrian Fachri / Red: Nur Aini
Pedagang cabai ilustrasi
Foto: ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Pedagang cabai ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan pihaknya berencana mendatangkan cabai dari provinsi Sumatra Utara sebagai upaya menekan laju inflasi. Riau saat ini masuk ke dalam 5 besar tertinggi inflasi di Indonesia, yakni 7,04 persen.

 

Baca Juga

“Penyebabnya cabai, jadi kita tadi sudah mendapatkan informasi dari Presiden. Yang tinggi itu rata-rata Sumatera. Nomor satu itu Jambi, kedua Sumbar, ketiga Bangka Belitung, keempat Riau dan kelima Aceh,” kata Syamsuar, Kamis (20/8/2022).

Solusinya menurut Syamsuar adalah mencari cabai dari daerah lain. Salah satunya dari Sumatra Utara. Biasanya Riau mendatangkan cabai dari Sumbar. Tapi kali ini Riau tidak banyak mendatangkan cabai karena di Sumbar sendiri inflasi lebih tinggi dari Riau.

Selain mendatangkan cabai dari Sumut, langkah untuk menekan angka inflasi di Riau, Pemprov menurut Syamsuar akan melaksanakan operasi pasar di tiga wilayah inflasi tinggi seperti di Kota Pekanbaru, Dumai, dan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

“Upaya selanjutnya adalah menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Terutama BUMDes yang maju di Riau untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian pangan," ujar Syamsuar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement