Jumat 19 Aug 2022 00:24 WIB

Digitalisasi UMKM Semakin Mudah dengan Dukungan Ekosistem Terintegrasi

Dengan dukungan ekosistem terintegrasi akan makin memudahkan digitalisasi UMKM.

Red: Bilal Ramadhan
Digitalisasi UMKM (Ilustrasi)
Foto: Istimewa
Digitalisasi UMKM (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Era modern seperti sekarang mendorong para pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi ekonomi. Selain menjangkau market yang lebih luas, digitalisasi teknologi juga mempermudah segala aspek dan kebutuhan bisnis.

Digitalisasi UMKM sendiri merupakan perubahan pola konvensional menjadi lebih modern guna mendorong efektivitas dan efisiensi bisnis. UMKM juga menjadi salah satu pilar ekonomi nasional yang memberi sumbangsih besar bagi negara. Untuk itu, digitalisasi diperlukan untuk mendorong kemajuan sektor UMKM.

Ivan Ekancono selaku Chief Commercial Officer Pawoon mengatakan, adanya digitalisasi UMKM di era serba internet saat ini sangatlah penting. Penggunaan digital seperti aplikasi berbasis cloud memudahkan para pebisnis membangun, mengelola, dan menjalankan bisnis mereka dengan lebih mudah.

"Misalnya, untuk usaha di industri F&B, penggunaan aplikasi kasir online seperti Pawoon adalah solusi dalam mengelola bisnis di era new normal seperti sekarang,” kata Ivan dalam rilisnya, Kamis (18/8/2022).

Perusahaan yang berdiri sejak 2014 ini merupakan salah satu penyedia layanan point of sales (POS) utama di Indonesia. Selain menawarkan solusi yang memudahkan proses transaksi bisnis dengan aplikasi kasir yang mudah dan praktis, Pawoon juga terus berinovasi dalam memberikan layanan dan produk terbaik untuk para pemilik UMKM di Indonesia.

Pawoon POS menawarkan solusi pengelolaan bisnis yang mudah dan anti ribet. Selain aplikasi kasir yang praktis dan mudah digunakan, Pawoon juga dilengkapi dengan fitur terbaik yang siap memaksimalkan proses pengelolaan dan operasional bisnis.

Mulai dari pengelolaan produk, manajemen stok dan bahan baku, laporan penjualan yang lengkap, hingga ragam metode pembayaran digital yang siap memaksimalkan transaksi di toko.

“Target market dari Pawoon adalah pebisnis pebisnis atau UMKM dari segala bidang usaha mulai dari bisnis FnB, retail hingga jasa yang ingin memulai bisnis ataupun sedang menjalankan bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka dengan perangkat digital,” kata Roland Octoviono selaku Head of Product Pawoon.

Selain layanan POS, Pawoon juga memiliki banyak core feature lainnya seperti ragam ekosistem bisnis, manajemen operasional, membantu pengajuan KUR, hingga laporan dan analisis keuangan bisnis yang dapat mengembangkan bisnis mereka menjadi usaha yang sukses.

Pawoon juga baru saja meluncurkan fitur Pawoon Grosir yang akan memudahkan para pelaku UMKM. Para pelaku usaha khususnya yang telah menggunakan Pawoon Grosir dapat dengan mudah menjalankan bisnisnya dan memenuhi kebutuhan bisnis secara efisien dalam satu aplikasi yaitu Pawoon.

"Saat ini banyak pelaku UMKM memilih menggunakan aplikasi digital dalam menjalankan bisnisnya. Selain harga yang murah, penggunaannya pun lebih efisien," kata Mutia Permata selaku Head Marketing Partnership PT Onsu Pangan Perkasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement