Kamis 18 Aug 2022 23:59 WIB

Halodoc Gandeng Vida sebagai Mitra Verifikasi Identitas

Halodoc gandeng Vida agar memiliki linsensi melakukan verifikasi keabsahan identitas

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Halodoc menjadi salah satu layanan telemedisin yang dapat dimanfaatkan oleh pasien Covid-19 bergejala ringan (ilustrasi).
Foto: Halodoc
Halodoc menjadi salah satu layanan telemedisin yang dapat dimanfaatkan oleh pasien Covid-19 bergejala ringan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai ekosistem kesehatan digital yang memiliki misi untuk menyederhanakan akses kesehatan di Indonesia, Halodoc menunjuk VIDA untuk melakukan verifikasi data identitas setiap penggunanya. VIDA, penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang berinduk di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hal ini bertujuan agar memiliki lisensi untuk melakukan verifikasi keabsahan data identitas masyarakat Indonesia dan menerbitkan sertifikat elektronik.

CEO dan Co-Founder Halodoc Jonathan Sudharta mengatakan adopsi dan pemanfaatan telehealth di Indonesia semakin berkembang pesat. Sebagai salah satu upaya proaktif perusahaan dalam memberikan layanan kesehatan yang baik dan pengalaman seamless kepada pengguna, Halodoc menunjuk penyedia verifikasi dan otentikasi identitas digital VIDA yang telah berstandar global.

“Verifikasi yang sudah sesuai dengan prosedur pemerintah ini akan memastikan pengalaman yang lebih nyaman, seamless, dan aman bagi lebih dari 20 juta pengguna Halodoc,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (18/8/2022).

Verifikasi identitas menjadi bagian penting dari aktivitas digital, untuk memastikan bahwa identitas yang disampaikan benar terjamin keabsahannya. Hal ini memberikan keamanan bagi semua pihak. Adapun proses ini signifikan dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan seamless.

Kehadiran sertifikat elektronik berdasarkan UU ITE ini mendorong identitas digital seseorang yang dapat menjadi bukti otentik pengguna dalam mengakses berbagai layanan platform digital. VIDA membantu Halodoc dalam melakukan verifikasi integritas data hingga aspek nirsangkal terhadap dokumen yang disampaikan pengguna kepada platform digital. Sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, Halodoc dan VIDA juga terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya verifikasi identitas.

Sementara itu Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto menambahkan perusahaan  mendukung proses otentikasi identitas pengguna Halodoc sebagai telehealth terdepan di Indonesia. 

“Kami siap mendukung kebutuhan Halodoc dengan solusi kami yang berstandar teknologi global, guna mewujudkan ekosistem kesehatan digital yang semakin memudahkan akses kesehatan di Tanah Air,” ucapnya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَلَكَهٗ يَنَابِيْعَ فِى الْاَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهٖ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا اَلْوَانُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهٗ حُطَامًا ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَذِكْرٰى لِاُولِى الْاَلْبَابِ ࣖ
Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat.

(QS. Az-Zumar ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement