Jumat 19 Aug 2022 07:09 WIB

Catat! Ini Browser Tercepat Untuk PC dan Smartphone

Pada umumnya, sebuah browser, baik PC maupun smartphone, dinilai cepat dari seberapa responsifnya dan seberapa cepat konten akan tampil di layar.

Rep: TeknoRobot/ Red: Partner
.
Foto: network /TeknoRobot
.

Menggunakan browser untuk berselancar di internet (ilustrasi). Baik di perangkat PC maupun smartphone, sebuah browser dinilai cepat dari seberapa responsifnya dan seberapa cepat konten akan tampil di layar. Foto:  Pixabay / Stock Snap
Menggunakan browser untuk berselancar di internet (ilustrasi). Baik di perangkat PC maupun smartphone, sebuah browser dinilai cepat dari seberapa responsifnya dan seberapa cepat konten akan tampil di layar. Foto: Pixabay / Stock Snap

Browser yang aman digunakan belum tentu menjadi browser yang tercepat. Meski demikian, pengguna PC ataupun smartphone pastinya sudah memiliki "jagoannya" masing-masing, namun pertanyaannya adalah, apakah itu yang tercepat di perangkat yang Kamu gunakan?

Browser Tercepat untuk Windows 11

Bicara soal cepat, bisa dikategorikan dalam beberapa elemen ketika melakukan browsing. Namun pada umumnya, sebuah browser dinilai cepat dari seberapa responsifnya dan seberapa cepat kontenmu tampil di layar. Sangat penting untuk mengingat bahwa kecepatan internet juga akan mempengaruhi bahkan browser yang tercepat di dunia.

Dari seluruh kategori yang akan dibahas, kita akan berasumsi bahwa browser ini digunakan dalam keadaan internet yang cepat dan stabil, serta RAM yang cukup untuk memprosesnya. Akan lebih adil apabila mengukur sebuah browser dengan metode ini.

1. Google Chrome

Masih menjadi yang teratas, Google Chrome menjadi pilihan banyak pengguna PC karena kecepatannya. Google Chrome mampu memuat on-screen graphics dan JavaScript dengan cepat. Browser ini juga memiliki waktu respon yang singkat, sehingga penggunanya tidak merasakan keterlambatan. Namun perlu diketahui, Chrome memakan terlalu banyak RAM dalam proses penggunannya.

Apabila komputer yang Kamu gunakan tidak memiliki RAM yang cukup, membuka tab di browser Chrome akan membuat browser ini melambat. Masalah ini juga terjadi pada PC dengan spek tinggi, namun, untuk penggunaan standar, browser ini cukup ampuh.

2. Microsoft Edge

Menjadi browser bawaan sistem operasi Windows sejak 2015, Edge menggantikan pendahulunya, yaitu Internet Explorer. Browser dengan basis Chromium ini secepat Google Chrome dan bisa dikatakan imbang dari segala aspek.

Karena masih berbasis Chromium, Edge mampu menggunakan Extension yang biasa digunakan di browser Chrome tanpa proses integrasi apapun. Tanpa harus menginstall browser lainnya, Edge sudah langsung bisa Kamu gunakan segera setelah sistem operasi Windows terpasang.

3. Opera

Baru-baru ini, Opera mendapatkan daya tarik diantara pengguna yang bukan penggemar browser Chrome maupun Edge. Opera bukan browser tercepat, namun itu bukan berarti lambat. Satu hal yang kurang adalah, dalam hal merender grafis, Opera cukup tertinggal dari pesaingnya.

Memiliki fitur yang tidak ditemukan pada pesaingnya membuat Opera unik. Di browser Opera, Kamu dapat menemukan menu Media Sosial dan Komunikasi yang dapat diakses hanya dengan beberapa klik, sehingga pengguna dapat melihat menu tersebut selama menggunakan Opera.

Dengan tidak perlunya extension di Opera, browser ini mampu bekerja lebih cepat dibandingkan browser lain yang banyak menginstall extension. Tambahan lainnya adalah, Opera memiliki VPN dan dompet mata uang kripto.

4. Brave

Terkenal sebagai browser yang menjaga privasi dan anonim penggunanya, Brave juga merupakan browser yang cepat. Tidak secepat Chrome, Edge, atau Opera, tapi browser ini mampu mengalahkan kecepatan FireFox dan Vivaldi. Penilaian terbaik untuk browser ini terdapat pada kecepatan proses JavaScript dan rata-rata kecepatan respon.

Dengan pemakaian yang lebih berat, Brave tidak melambat atau menunjukkan latensi. Browser ini tidak benyak mengkonsumsi RAM, dan merupakan nilai tambah bagi Kamu yang meyukai multitasking.

5. FireFox

Tampilan yang apik dari browser ini luar biasa. Meskipun belum bisa menyaingi kompetitornya dalam beberapa tahun ini, browser ini masih memiliki daya tarik bagi pengguna yang lebih mementingkan tampilan daripada kinerja.

FireFox tidak mengkonsumsi banyak RAM. Penggunaan RAM selama menggunakan browser ini 50% dari penggunaan RAM dari browser Chrome.

Dengan sistem "Do Not Track", pengguna dapat mencegah website mengumpulkan data pribadi. Meskipun layak, pengguna harus mempertimbangkan untuk menggunakannya berbarengan dengan privacy extension lainnya.

Apabila jenuh dengan tampilan browser, FireFox menyediakan opsi "Customize" untuk melakukan penyesuaian lebih jauh.

Browser Tercepat untuk Android

1. DuckDuckGo Privacy Browser

Selain terkenal sebagai sebuah mesin pencarian, DuckDuckGo juga memiliki sebuah browser. Meskipun aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur, namun aplikasi ini cenderung diarahkan pada aspek keamanan dan privasi penggunanya. Tampilannya yang minimalis membuatnya sangat responsif, dan hanya perlu satu klik untuk menghapus semua data penelusuran.

Aplikasi ini hanya sebesar 35MB ini, membuatnya cukup diminati pengguna yang tidak memiliki banyak sisa penyimpanan.

Aplikasi DuckDuckGo memaksa enkripsi HTTPS. Perlindungan ekstra mampu mempersulit peretas untuk mencuri informasi. Saat mengunjungi halaman manapun, browser ini mengkompilasi laporan keamanan mulai dari A hingga F. Penilaian F menunjukkan betapa berbahayanya situs tersebut.

2. Lynket

Lynket merupakan browser open-source minimalis yang tidak memonopoli penggunaan RAM di ponsel. Lynket didesain untuk kecepatan pada smartphone dan tablet sebagai mobile-first browser.

3. Opera Mini

Opera Mini dirancang untuk menyajikan pengalaman browsing secapat kilat di smartphone. Inovasi data-saving yang dilakukan di browser ini membuat halaman web dimuat lebih cepat. Salah satu fiturtersebut adalah Turbo Mode, yang mampu mempercepat browser lebih jauh lagi.

Terdapat beberapa opsi pada fitur data-saving untuk menghemat data internet, yaitu;

- Off

- High

- Extreme

- Automatic

Dalam opsi Extreme, browser tidak akan menampilkan gambar yang ada di website, jadi, Kamu hanya akan melihat teks tanpa gambar.

4. Dolphin Browser

Dikenal dengan fiturnya yang kaya dan kecepatannya ketika digunakan browsing, Dolpin juga merupakan browser tertua di smartphone. Browser ini menyediakan fungsi gesture, voice searching, dan bahkan flash compatibility.

Bagi Kamu yang membeci popup, Dolphin browser memiliki blocker yang tepat. Fitur ini mampu menangkal turunnya kecepatan karena iklan juga dapat mengkonsumsi daya pemrosesan.

Dolphin memiliki banyak pilihan tema dan wallpaper yang mana kana lebih mencerminkan karakteristik penggunanya. Terlepas dari fitur tampilan, mengunduh terlalu banyak add-on akan memperlambat kinerja browser ini.

Berita lainnya:

> Mau Pamit dari IG? Begini Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

> Pindah ke Instagram dan TikTok, Facebook Mulai Ditinggal Anak Muda

> Pakai Aplikasi Ini, Bisa Bayar Pajak Kendaraan dari Rumah!

> Bukan Indo XXI atau LK21, Ini Situs Nonton Film Streaming Aman dan Legal

> 5 Browser Terbaik dengan VPN Bawaan

> Mau Optimasi SEO di Yandex dan Google? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

> Cara Menyembunyikan Status "Online" di Whatsapp

> Belum Bisa Baca Alquran? Aplikasi Android Ini Bikin Kita Jago Ngaji

> Translate Dokumen Bahasa Inggris: DeepL Translator VS Google Translate Bagus Mana?

Advertisement