Jumat 19 Aug 2022 14:21 WIB

Tafsir Surat An Nur Ayat 30: Alquran Ajarkan Laki-laki Menjaga Pandangan dan Kemaluan

Laki-laki diminta mengalihkan pandangan dari perempuan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslim. Tafsir Surat An Nur Ayat 30: Alquran Ajarkan Laki-laki Menjaga Pandangan dan Kemaluan
Foto: EPA/FAZRY ISMAIL
Ilustrasi Muslim. Tafsir Surat An Nur Ayat 30: Alquran Ajarkan Laki-laki Menjaga Pandangan dan Kemaluan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengajarkan kepada laki-laki untuk menjaga pandangan dari sesuatu yang haram untuk dipandang. Di samping itu, Alquran mengajarkan kepada laki-laki untuk menjaga kemaluannya.

Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surat An-Nur Ayat 30.

Baca Juga

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Teliti terhadap apa yang mereka perbuat. (QS An-Nur: 30)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman, agar mereka memelihara dan menahan pandangannya dari hal-hal yang diharamkan kepada mereka untuk melihatnya, kecuali terhadap hal-hal tertentu yang boleh dilihatnya.

Bila secara kebetulan dan tidak disengaja pandangan mereka terarah kepada sesuatu yang diharamkan, maka segera dialihkan pandangan tersebut guna menghindari melihat hal-hal yang diharamkan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Dari Jarir bin Abdullah al-Bajali dia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang pandangan atau penglihatan (terhadap perempuan) secara tiba-tiba, kemudian beliau memerintahkan untuk memalingkan pandanganku (Riwayat Muslim, Abu Daud, Ahmad, At-Tirmizi dan An-Nasa’i)

Begitu pula sabda Rasulullah kepada Ali Radhiallahu Anhu, "Wahai Ali, janganlah kamu susulkan pandangan pertamamu dengan pandangan kedua, karena yang dibolehkan untukmu hanya pandangan pertama (yang tidak disengaja) sedang pandangan yang kedua tidak lagi dibolehkan." (Riwayat Abu Daud).

Di samping itu, Allah memerintahkan kepada Rasul-Nya agar menganjurkan kepada laki-laki yang beriman supaya mereka memelihara kemaluannya dari perbuatan asusila seperti perbuatan zina, homoseksual dan lain sebagainya. Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad.

"Jagalah auratmu (jangan sampai terlihat orang lain) kecuali oleh istrimu atau hamba sahayamu." (Riwayat Ahmad)

Menjaga mata untuk tidak melihat hal-hal yang diharamkan dan memelihara kemaluan untuk tidak berbuat zina atau homoseksual merupakan perbuatan yang baik dan suci, baik terhadap jiwa maupun agamanya.

Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Abi Umamah, "Setiap Muslim yang melihat kecantikan seorang perempuan, kemudian dia menundukkan dan memejamkan matanya, Allah mengganti sebagai suatu ibadah." (Riwayat Ahmad dari Abu Umamah)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement