Jumat 19 Aug 2022 22:28 WIB

Harga Komoditas Karet Terus Menurun

Konversi dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pengelolaan tanaman.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Perkebunan Karet (Ilustrasi)
Foto: AGROBISNIS-ONLINE.BLOGSPOT.COM
Perkebunan Karet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 15 ribu lahan yang dikelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII dan ditanami karet di Jawa Barat akan dikonversi ke komoditas sawit. Konversi dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pengelolaan tanaman dan akan dilakukan secara bertahap.

SEVP Operasional PTPN VIII Wispramono Budiman mengatakan kebijakan mengkonversi komoditi karet menjadi sawit akan dilakukan secara bertahap. Konversi dilakukan berdasarkan rekomendasi feasibility study dari PT Riset Perkebunan Nusantara.

Baca Juga

"Tahap awal akan dilakukan konversi sebesar sekitar 5.000 hektar karet ke sawit," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (19/8/2022).

Ia menyebut perubahan komoditi sudahdirencanakan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PTPN VIII tahun 2021-2026. Selain itu faktor eksternal yang mempengaruhi perubahan komoditi dari karet ke sawit karena perkembangan harga jual karet yang menurun. "Perkembangan harga jual yang terus menurun disertai dengan penurunan produksi karet alam di lapangan," ungkapnya.

Selain itu faktor iklim basah sepanjang tahun menjadi salah satu penghambat pencapaian produksi. Tidak hanya itu, faktor tersebut mengakibatkan terjadi endemik hama penyakit tanaman.

Kabag kelapa sawit dan karet Budhi Herdiyana mengatakan strategi mengubah produksi karet ke sawit dilakukan untuk menjaga kondisi biaya operasional perusahaan. Ia mengatakan harga komoditi karet akan terus menurun jika tidak terdapat perbaikan secara menyeluruh.

"Perbaikan secara menyeluruh dalam pengelolaan operasional perusahaan dan harus didukung dengan regulasi yang menguntungkan untuk pengusaha karet tanah air," katanya. Dengan begitu kebutuhan karet untuk dalam negeri dan luar negeri dapat terpenuhi dengan harga yang wajar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement