Ahad 21 Aug 2022 12:46 WIB

1.972 Ekor Sapi di Riau Sembuh dari PMK

Jubir Satgas sebut sebanyak 1.972 ekor sapi di Riau sudah sembuh dari PMK.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Dokter hewan menyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada sapi saat Vaksinasi PMK Hewan Ternak. Jubir Satgas sebut sebanyak 1.972 ekor sapi di Riau sudah sembuh dari PMK.
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Dokter hewan menyuntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada sapi saat Vaksinasi PMK Hewan Ternak. Jubir Satgas sebut sebanyak 1.972 ekor sapi di Riau sudah sembuh dari PMK.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Juru Bicara Satgas Penanganan PMK Provinsi Riau, Faralinda Sari, mengatakan sejak kasus pertama 19 Mei 2022 lalu hingga saat ini 20 Agustus 2022, sudah 3.273 kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Riau. Dari jumlah itu sudan ada 1.972 ekor sapi yang sempat terjangkit PMK sembuh.

"Sudah 1.972 hewan ternak yang sembuh. Kasus ini berasal dari 9 daerah (kabupaten/kota)," kata Faralinda.

Baca Juga

Ia merinci 9 daerah yang terjangkit PMK itu adalah Rokan Hulu (Rohul), Siak, Indragiri Hilir, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi dan kota Dumai. 

Rokan Hulu sebanyak 934 ekor, Siak 280 ekor, Indragiri Hilir 241 ekor, Kampar 25 ekor, Bengkalis 148 ekor, Indragiri Hulu 556 ekor, Pelalawan 124 ekor, Kuansing 951 ekor, dan terbaru Kota Dumai 14 ekor.

Pemprov Riau kata dia juga sudah melakukan vaksinasi terhadap 246.487 ekor hewan ternak. Kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membatasi lalu lintas hewan ternak, pengawasan lalu lintas hewan ternak dengan check point.

“Kita ada lima pintu masuk yang sudah ada check point, yakni di Inhil, Kuansing, Kampar, Rohul dan Rohil,” ujar Faralinda.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ يَأْتِكُمْ نَبَؤُا الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ قَوْمِ نُوْحٍ وَّعَادٍ وَّثَمُوْدَ ەۗ وَالَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ ۗ لَا يَعْلَمُهُمْ اِلَّا اللّٰهُ ۗجَاۤءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَرَدُّوْٓا اَيْدِيَهُمْ فِيْٓ اَفْوَاهِهِمْ وَقَالُوْٓا اِنَّا كَفَرْنَا بِمَآ اُرْسِلْتُمْ بِهٖ وَاِنَّا لَفِيْ شَكٍّ مِّمَّا تَدْعُوْنَنَآ اِلَيْهِ مُرِيْبٍ
Apakah belum sampai kepadamu berita orang-orang sebelum kamu (yaitu) kaum Nuh, ‘Ad, samud dan orang-orang setelah mereka. Tidak ada yang mengetahui mereka selain Allah. Rasul-rasul telah datang kepada mereka membawa bukti-bukti (yang nyata), namun mereka menutupkan tangannya ke mulutnya (karena kebencian), dan berkata, “Sesungguhnya kami tidak percaya akan (bukti bahwa) kamu diutus (kepada kami), dan kami benar-benar dalam keraguan yang menggelisahkan terhadap apa yang kamu serukan kepada kami.”

(QS. Ibrahim ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement