Ahad 21 Aug 2022 13:31 WIB

Dukung Pengajuan Kebaya ke UNESCO Lewat Single Nation

Pengajuan kebaya ke UNESCO oleh beberapa negara dapat membiaskan riwayat budaya

Red: Hiru Muhammad
Kebaya merupakan warusan budaya Indonesia yang diusulkan ke UNESCO sebagai warisan budaya  Indonesia
Foto: dok tradisikebaya.id
Kebaya merupakan warusan budaya Indonesia yang diusulkan ke UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dukungan masyarakat terhadap busana Kebaya semakin meningkat, seiring dengan rencana pengusulan busana Kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Banyak komunitas dan lembaga ikut menyemarakkan ajakan berkebaya melalui berbagai kegiatan.

Namun upaya itu muncul diiringi isu Kebaya akan diajukan bersama-sama dengan negara Malaysia, Singapura dan Brunei Darusalam. Latar belakang pengajuan tersebut diklaim karena kesamaan budaya. Wacana tersebut telah digaungkan pemerintah melalui Kemendikbud dan didukung satu lembaga kelompok perempuan pecinta berkebaya. 

Baca Juga

Tentunya hal itu ditolak para pecinta kain Kebaya. Mereka memilih upaya pengajuan nominasi ke UNESCO secara single nation yang berarti diajukan pemerintah Indonesia secara sendiri. Pendapat tersebut disuarakan pada saat  acara Parade Kebaya Nusantara di Sarinah, Jakarta pada tanggal 13 Agustus 2022. Wacana penolakan atas pendapat Kemendikbud tersebut mendapat dukungan dari Anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto, dan Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Bintang Darmawati saat menghadiri acara Parade  yang dilaksanakan pada Sabtu silam.

Menyikapi hal tersebut, Etti RS, Wakil Ketua Yayasan Kebudayaan Rancagé, salah satu anggota Koalisi Tradisikebaya.id, berpandangan pengajuan warisan budaya melalui jalur Multi Nation memungkinkan penolakan dari masyarakat Indonesia. Sekalipun pengajuan ke UNESCO merupakan otoritas pemerintah, tetapi sebaiknya melalui proses penjajakan yang melibatkan segenap masyarakat. Setiap negara memiliki kekhasan budaya yang dilatari oleh pola kehidupan masyarakat setempat.

“Pengajuan kebaya ke UNESCO oleh beberapa negara dapat membiaskan riwayat budaya, dari mana sesungguhnya asal mula busana tersebut," kata Etti.  Selain itu, apabila diakui  banyak negara, mungkin saja kebaya tidak lagi menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, bukan lagi bagian dari jati diri bangsa. "Karena itu, saya kira akan banyak komunitas yang menolak wacana ini,” tuturnya dalam keterangan tertulis Ahad (21/8/2022).

Etti mengungkapkan bahwa jika wacana ini dilanjutkan, akan berdampak pada warisan budaya lainnya. Bisa diayangkan jika satu per satu budaya milik kita dicicil untuk didaftarkan dengan negara lain sebagai “milik bersama”. "Kelak, anak-cucu kita akan benar-benar kehilangan akar. Mereka bahkan tidak tahu lagi yang mana budaya asli nenek-moyangnya dan mana budaya dari bangsa lain. Semuanya akan berbaur dan akhirnya identitas bangsa tak hanya memudar, tetapi hilang," katanya.

Di tempat terpisah, pekerja seni sekaligus sobat kebaya, Dian Sastrowardoyo yang juga salah satu anggota Koalisi Tradisikebaya.id mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan kebaya sebagai busana kebanggaan bangsa Indonesia. Dian Sastro berharap pemerintah bisa mencanangkan kebaya sebagai pakaian wajib yang digunakan pada hari-hari tertentu, seperti halnya batik. 

“Kalau dulu kita wajib berbatik sewaktu berangkat kerja, atau ke sekolah, atau kuliah, kalau bisa suatu hari dicanangkan sama pemerintah, busana nasional atau kebaya wajib (digunakan) satu atau dua hari dalam seminggu. Supaya kita tuh balik ke tradisi, ke adat. Karena itu yang justru membedakan kita dari bangsa lain,” kata Dian.

Menurut Dian Sastro, harus disampaikan kepada UNESCO  banyak sekali masyarakat Indonesia yang memakai kebaya. Dian Sastro juga mengajak agar masyarakat Indonesia berperan serta dalam gerakan “Kebaya Goes to UNESCO” dengan mengunggah foto di laman tradisikebaya.id.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْٓا اَنْصَارَ اللّٰهِ كَمَا قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيّٖنَ مَنْ اَنْصَارِيْٓ اِلَى اللّٰهِ ۗقَالَ الْحَوَارِيُّوْنَ نَحْنُ اَنْصَارُ اللّٰهِ فَاٰمَنَتْ طَّاۤىِٕفَةٌ مِّنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ وَكَفَرَتْ طَّاۤىِٕفَةٌ ۚفَاَيَّدْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا عَلٰى عَدُوِّهِمْ فَاَصْبَحُوْا ظَاهِرِيْنَ ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikutnya yang setia itu berkata, “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah,” lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir; lalu Kami berikan kekuatan ke-pada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, sehingga mereka menjadi orang-orang yang menang.

(QS. As-Saff ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement