Ahad 21 Aug 2022 18:30 WIB

Pemanis Buatan dalam Minuman Bersoda Bisa Picu Diabetes

Mengandung pemanis buatan, minuman bersoda bisa picu diabetes.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman bersoda (ilustrasi). Pemanis buatan dalam minuman bersoda dapat memicu diabetes.
Foto: PxHere
Minuman bersoda (ilustrasi). Pemanis buatan dalam minuman bersoda dapat memicu diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gula asli dapat dengan cepat menambah kalori, tetapi gula buatan dapat menyebabkan diabetes. Sebuah penelitian menemukan pemanis buatan yang digunakan dalam produk seperti minuman bersoda dapat menyebabkan diabetes.

Seperti dilansir laman The Sun, Ahad (21/8/2022), produsen telah lama mengklaim bahwa pengganti gula aman dan tidak berpengaruh pada tubuh manusia. Namun, data baru tampaknya membantah klaim lama produsen bahwa pengganti gula tidak memiliki efek buruk pada tubuh manusia.

Baca Juga

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh German National Cancer Centre mengatakan orang dewasa yang mengonsumsi pemanis buatan mengalami perubahan dalam komposisi dan fungsi mikroba ususnya. Para ilmuwan menemukan bahwa sakarin dan sucralose memengaruhi bakteri usus dengan cara memengaruhi kadar gula darah.

Pengganti gula yang meliputi sakarin dan aspartam, ada dalam ribuan produk diet seperti minuman bersoda, makanan penutup, makanan siap saji, dan kue. Pemanis buatan itu bahkan dapat ditemukan dalam permen karet dan pasta gigi.

"Pada subjek yang mengonsumsi pemanis non-nutrisi, kami dapat mengidentifikasi perubahan yang sangat berbeda dalam komposisi dan fungsi mikroba usus dan molekul yang mereka keluarkan ke dalam darah tepi," jelas penulis senior dan profesor Eran Elinav dari German National Cancer Centre, seperti dilansir dari laman New York Post, Ahad (21/8/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement