Senin 22 Aug 2022 14:15 WIB

Siswi Sekolah Menengah di Massachusetts Dianggap Melanggar krena Memakai Hijab

Wali Kota Massachusetts sedih atas insiden hijab ini.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
 Siswi Sekolah Menengah di Massachusetts Dianggap Melanggar Karena Memakai Hijab. Foto:   Ilustrasi Islamofobia
Foto: Foto : MgRol_93
Siswi Sekolah Menengah di Massachusetts Dianggap Melanggar Karena Memakai Hijab. Foto: Ilustrasi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID,MASSACHUSETTS–Sebuah sekolah di Massachusetts, Amerika Serikat menghadapi reaksi keras setelah seorang guru menulis seorang siswi kelas delapan melakukan pelanggaran karena mengenakan hijab. Hal ini terjadi pada hari pertama kelas delapan pekan lalu.

Dalam sebuah unggahan di Facebook yang sekarang viral, seorang anggota keluarga gadis itu membagikan salinan pelanggaran seragam dari Sekolah Piagam Regional Mystic Valley di Malden, di pinggiran kota Boston. Dalam deskripsi pelanggaran, jilbab yang dikenakan oleh banyak gadis dan wanita Muslim salah eja sebagai "jihab."

Baca Juga

"Dia pulang sambil menangis dan dalam keadaan emosional dan menolak untuk pergi ke sekolah besok," tulis anggota keluarga itu dilansir dari Buzz Feed News, Senin (22/8/2022).

Dewan Hubungan Amerika-Islam cabang Massachusetts mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah berhubungan dengan keluarga dan sedang menyelidiki.

"Keluarga telah memberi wewenang kepada kami untuk memberi tahu Anda bahwa situasi langsung terkendali, karena siswa tersebut mengenakan jilbabnya di sekolah," kata staf CAIR.

"Kami akan terus menyelidiki apa yang terjadi, meninjau kebijakan sekolah, dan meneliti undang-undang negara bagian dan federal yang berlaku. Kami juga akan mewawancarai saksi dan mendengarkan mitra komunitas kami. Kami semua prihatin dengan siswa muda ini dan ingin memastikan bahwa dia aman, dan hak-hak agamanya dihormati dan dilindungi,"tambahnya.

Pengawas Sekolah Alex Dan tidak segera menanggapi permintaan komentar, tetapi dia mengatakan kepada Associated Press bahwa siswa diizinkan untuk mengenakan pakaian keagamaan jika mereka memberikan surat "dari ulama mereka."

"Sementara kami ingin menegaskan kembali bahwa anggota staf terhormat yang mengawasi proses seharusnya tidak bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi, kami memahami bagaimana penanganan situasi kami dianggap tidak sensitif dan berharap untuk menggunakan momen ini sebagai kesempatan belajar untuk meningkatkan kebijakan dan prosedur kami," kata Dan.

Walikota Malden Gary Christenson juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia sedih mendengar tentang insiden tersebut dan telah menghubungi sekolah untuk mereformasi kebijakan seragamnya.

“Saya mengerti bahwa MVRCS telah teguh dalam komitmen terhadap kebijakan seragamnya, namun, seperti yang dikatakan oleh anggota terkemuka dari komunitas Muslim kami, mengenakan jilbab adalah hak yang dilindungi, itu bukan bagian dari seragam dan tidak boleh dipandang seperti itu," kata Christenson.

Kasus ini bukan pertama kalinya ada kecaman atau perhatian media yang diarahkan ke sekolah tersebut, yang telah dituduh di surat kabar Boston Globe sebagai "pola yang mengganggu dalam masalah ras."

Pada tahun 2017, orang tua dari dua gadis remaja kulit hitam di sekolah mengeluh bahwa putri mereka dihukum karena ekstensi kepang rambut.

Sekolah kemudian meninggalkan kebijakan itu, tetapi insiden itu mendorong anggota parlemen negara bagian tahun ini untuk meloloskan undang-undang yang melarang diskriminasi gaya rambut di sekolah atau tempat kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement