Senin 22 Aug 2022 23:16 WIB

Wapres Ajak Majelis Rasulullah SAW Jihad Ekonomi: Hukumnya Wajib

Wapres menyatakan jihad berdayakan ekonomi bagian dari kewajiban agama

Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin, menyatakan jihad berdayakan ekonomi bagian dari kewajiban agama
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin, menyatakan jihad berdayakan ekonomi bagian dari kewajiban agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak Majelis Rasulullah SAW memenuhi panggilan untuk bersama-sama dengan Pemerintah melakukan jihad ekonomi agar perekonomian nasional bisa kembali pulih dan kuat menghadapi krisis global.

"Sebagai bangsa, kita juga harus memenuhi panggilan Tanah Air, karena Tanah Air selalu memanggil kita. Kalau dulu panggilan Tanah Air adalah untuk berjihad mengusir penjajahan dari bumi pertiwi, sekarang kita juga dipanggil untuk jihad tapi jihadnya ekonomi," kata Ma'ruf Amin saat menghadiri Tabligh Akbar Muharram 1444 H Majelis Rasulullah SAW di Jakarta, Senin (22/8/2022) malam, sebagaimana disaksikan secara daring.

Baca Juga

Selain memenuhi panggilan Allah SWT yang sifatnya wajib dan tidak boleh ditunda, lanjutnya, umat Islam juga harus memenuhi panggilan Tanah Air. 

Dia mengingatkan pada zaman penjajahan, para kiai dan santri terjun melakukan jihad melawan penjajah karena berprinsip cinta Tanah Air sebagian dari iman.

Menurut Ma'ruf Amin, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, yang tidak saja menghancurkan sektor kesehatan dan sosial, tetapi juga ekonomi. Selain itu, tambahnya, terjadi pula krisis global di sektor pangan, energi, dan keuangan.

Oleh karena itu dia mengajak semua pihak, termasuk seluruh anggota Majelis Rasulullah SAW, turut terlibat dalam melakukan jihad ekonomi.

"Supaya kita hidup dalam keadaan yang baik. Menjaga kehidupan yang baik, kata ulama, adalah salah satu tujuan besar dari pada tujuan syariat Islam, dengan menjaga kebutuhan yang sifatnya primer, yang mesti ada dan yang harus ada," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga berharap tabligh akbar yang kembali diselenggarakan Majelis Rasulullah SAW pascapandemi Covid-19 membuat suasana kehidupan keagamaan umat Islam semakin semarak.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement