Selasa 23 Aug 2022 13:33 WIB

Dinkes Kota Bogor Sasar 12 Ribu Nakes untuk Vaksinasi Booster Kedua

Sekitar 10.300 nakes Kota Bogor sudah disuntik vaksin booster pertama.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nur Aini
Petugas vaksinator melakukan pemberian vaksinasi booster tahap kedua, ilustrasi
Foto: Istimewa
Petugas vaksinator melakukan pemberian vaksinasi booster tahap kedua, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melaksanakan vaksin booster kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) se-Kota Bogor. Pelaksanaan vaksin booster kedua dilaksanakan di fasilitas kesehatan masing-masing nakes.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, mengatakan sasaran nakes yang akan divaksinasi booster kedua yakni sebanyak 12 ribu nakes. Di mana sekitar 10.300 di antaranya sudah disuntik vaksin booster pertama.

Baca Juga

“Saat ini sedang berlangsung untuk booster keduanya. Pelaksanaannya memang di faskes masing-masing sambil menyesuaikan ketersediaan vaksin yang ada,” kata Retno kepada Republika.co.id, Selasa (23/8/2022).

Retno mengatakan, vaksin booster kedua dilaksanakan secara bersamaan dengan pendataannya. Sementara, Dinkes Kota Bogor juga sedang melaksanakan vaksin booster untuk masyarakat.

Retno menyebutkan, vaksin Bustar bisa dilaksanakan di Puskesmas, rumah sakit, klinik, dan faskes masing masing. Selain itu, bisa juga dilaksanakan di sentra vaksinasi yang masih digelar oleh Dinkes kota Bogor.

“Capaiannya memang masih sedikit (nakes yang sudah divaksin booster kedua) baru 1,6 persen sekitar 147 orang dan ini kemarin kita dapet dropping vaksin lagi. Secara simultan dilaksanakan booster,” ujarnya.

Retno menambahkan, kendala yang dihadapi dalam vaksin booster kedua yakni menunggu dropping vaksin Moderna sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan.

“Ketika kemarin naskes banyak pakai Moderna, jadi kita kemarin ketersediaan Modernanya juga terbatas. Sementara dari edaran juga pake Pfizer. Pemberian dosis sama aja. Bisa Moderna, Astra Zeneca, Pfizer,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement