Selasa 23 Aug 2022 15:53 WIB

Liga Golf Jakarta Resmi Digelar, Reza Rajasa: Misinya Mencari Talenta Baru

Ratusan atlet dari 25 klub golf di Jakarta tampil pada edisi pertama liga ini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Peresmian digelarnya Liga Golf Jakarta di Jakarta Golf Club, Jakarta, Selasa (23/8/2022).
Foto: Dok. Web
Peresmian digelarnya Liga Golf Jakarta di Jakarta Golf Club, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Golf Jakarta (LGJ) 2022 resmi digulirkan di lapangan Jakarta Golf Club, Jakarta, Selasa (23/8/2022). Pada hari pertama ini, sejumlah klub yang telah tergabung dalam beberapa grup mulai mengadu kemampuan. Rencananya, liga ini akan bergulir hingga tiga bulan ke depan.

Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta Reza Rajasa mengatakan, ada 25 klub yang ikut terlibat dengan seluruh peserta yang mendaftar harus mendaftarkan pegolf junior.

Baca Juga

"Selain menjadi ajang silaturahmi antarklub di DKI, Liga Golf Jakarta juga menjadi ajang untuk mencari bibit atlet baru potensial. Kami mewajibkan klub peserta membawa minimal satu pegolf junior baru di luar atlet yang pernah bersaing di level nasional," kata dia di lokasi.

Dia menambahkan, Liga Golf Jakarta memang merupakan jawaban dari aspirasi klub-klub di Jakarta yang mengharapkan adanya kompetisi berkelanjutan untuk klub. Selama ini di Indonesia, golf lebih banyak mempertandingkan dalam format strokeplay yang bergulir selama satu hingga tiga hari. 

"Ajang ini atas apresiasi dari semua pihak, termasuk klub. Liga Golf Jakarta mewajibkan klub membawa satu atlet junior. DKI memiliki 109 klub, bayangkan jika setiap klub memiliki satu atlet junior dan bertanding di kompetisi level elite. Kemampuan mereka akan terasah dan DKI akan mendapat tambahan 109 atlet junior baru," ujar Reza.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta mengapresiasi penyelenggaraan ini. Tenaga Ahli Kemenpora Uden Kusumawijaya mengatakan Liga Golf Jakarta yang PGI DKI Jakarta adalah wadah yang bagus untuk menyatukan ratusan klub golf yang tersebar di ibu kota. 

"Jadi ini baru pertama kali bergulir. Ini sebuah sumbangan pemikiran yang bagus dari Ketua PGI DKI Jakarta Reza Rajasa. Karena selama ini golf ini tersebar dan tidak ada ikatan yang kuat dalam hal turnamen," kata Uden.

"Dengan adanya ajang ini, mereka semua menyatu. Selain itu juga atlet akan mudah dipantau. Harapan kami ajang ini tidak hanya satu kali, tetapi terus bergulir," ujarnya menambahkan. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid mengungkapkan Liga Golf Jakarta adalah konsep baru dari ajang golf di Indonesia. 

Menurutnya, ajang ini akan membuat atlet mendapat kesempatan lebih banyak bertanding. "Sehingga nantinya akan membawa atlet lebih cepat prestasinya. Saya sangat mendukung sekali adanya Liga Golf Jakarta," ujar Hidayat.

Ratusan atlet dari 25 klub golf di Jakarta tampil pada edisi pertama Liga Golf Jakarta. Ajang ini akan berlangsung sekitar tiga bulan mulai 23 Agustus hingga Oktober. 

Selain di Jakarta Golf Club, ajang ini juga akan bergulir di padang golf lainnya yakni Halim 1, Pangkalan Jati, Royale Jakarta Golf, dan Damai Indah Golf. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement