Selasa 23 Aug 2022 20:16 WIB

Danamon Hadirkan Fasilitas Sanitasi dan Sumber Air Bersih di 8 Kota

Program CSR itu bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia.

Red: Irwan Kelana
Dari kiri-kanan: Zaini Tafrikhan, Partnership Coordinator Dompet Dhuafa (CSR & Wakaf); maskot Dompet Dhuafa; Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Kholid Abdillah, pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur; Agus Palgunadi, kepala Desa Gembong; Irfan Ramdani, Senior Officer Pengembangan Wakaf Dompet Dhuafa; Zainal Abidin, kepala Dusun Ngasem.
Foto: Dok Danamon
Dari kiri-kanan: Zaini Tafrikhan, Partnership Coordinator Dompet Dhuafa (CSR & Wakaf); maskot Dompet Dhuafa; Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk; Kholid Abdillah, pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur; Agus Palgunadi, kepala Desa Gembong; Irfan Ramdani, Senior Officer Pengembangan Wakaf Dompet Dhuafa; Zainal Abidin, kepala Dusun Ngasem.

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon)  meresmikan fasilitas air bersih di Desa Gembong, Pacitan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Dihadiri oleh Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan Bobby P Manullang, General Manager Fundraising Wakaf  Dompet Dhuafa, peresmian ini menandai dimulainya pelaksanaan peresmian rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon bertajuk Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara, yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia. 

“Melalui program ini, Danamon mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan membangun delapan fasilitas sumber air bersih di delapan kota,” kata Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, pembangunan pembangunan sumur dan sarana sanitasi merupakan bentuk berkontribusi dalam produk sosial banking dengan memilih program wakaf air.  Implementasi program tersebut bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia. “Program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara dilakukan setelah melakukan asesmen terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar yang membutuhkan air bersih dan sanitasi yang layak,” ujarnya.

Sebagai bagian dari rangkaian program CSR tersebut, kata Abdul Hadi, Danamon juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menjaga dan melestarikan sumber air serta memiliki perilaku hidup sehat. Fasilitas berupa bangunan fisik sumur dan sanitasi akan diserahterimakan kepada pemangku kepentingan di wilayah tersebut dan mitra pelaksana akan memberikan laporan kemajuan dan laporan akhir kegiatan. 

“Danamon memiliki visi untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, dan kami menyadari bahwa kesejahteraan tidak akan bisa tercapai tanpa akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak bagi semua orang. Oleh karena itu, Danamon senang dapat bersinergi bersama Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia untuk membangun fasilitas air bersih dan sanitasi, yang kami percaya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Abdul Hadi.

“Alhamdulillah, KolaborAksi dengan Danamon dalam menghadirkan program sumur wakaf Dompet Dhuafa terus bergulir hingga ke enam  titik. Kali ini, kami hadir di Dusun Ngasem, Desa Gembong, Pacitan, Jawa Timur, yang telah kita resmikan bersama pada pagi penuh berkah ini,” kata Bobby P Manulang, selaku General Manager Fundraising Wakaf Dompet Dhuafa.

Ia menambahkan, sumber air bersih dan fasilitas pendukungnya ini menjadi oase baru yang siap dinikmati warga sekitar. Ini adalah kerja sama tahap kedua antara Dompet Dhuafa dan Danamon dalam menghadirkan akses air bersih. “Semoga wakaf sumur terus mengalirkan keberkahan bagi masyarakat dan Danamon. Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan Danamon kepada Dompet Dhuafa,” ujar Bobby P Manulang.

Gandeng Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia

Abdul Hadi menjelaskan, dalam menjalankan program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara ini, Danamon bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia untuk melakukan asesmen terhadap lingkungan dan masyarakat penerima bantuan, serta membangun fasilitas air bersih dan sanitasi di wilayah yang membutuhkan. 

“Program ini dimulai pada bulan Desember 2021, dan saat ini pembangunan telah selesai dilakukan di seluruh wilayah yang dituju, yaitu dua lokasi di mana Danamon bekerja sama dengan Habitat Indonesia pada bulan Februari 2022, dan enam lokasi di mana Danamon bekerja sama dengan Dompet Dhuafa pada bulan Juni 2022,” ujarnya.

Abdul Hadi mengemukakan, program Air Bersih dan Sanitasi untuk Nusantara yang  dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Habitat Indonesia merupakan wujud dari komitmen Danamon untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan, yaitu dengan mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang negatif yang dapat timbul dari kegiatan bisnis dan operasional yang dilakukan, aktif bekerja mencari solusi untuk masalah lingkungan global melalui kegiatan bisnisnya serta mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Dalam menjalankan program CSR, Danamon memiliki tiga pilar utama. “Pertama, Pilar Ekonomi, yaitu terkait peningkatan kapasitas dan pengetahuan, khususnya sektor UKM. Kedua, Pilar Lingkungan,  yaitu kegiatan dan program yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan yang memberikan manfaat bagi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Ketiga, Pilar Sosial, yaitu secara proaktif berupaya meminimalkan terjadinya risiko dan dampak pasca bencana terhadap masyarakat dan lingkungan,” papar Abdul Hadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement