Selasa 23 Aug 2022 20:58 WIB

Impitan Ekonomi, Warga Yaman Terpaksa Jual Ranjau Darat untuk Bertahan Hidup

Warga Yaman terpaksa menjual senjata dan ranjau darat sebab impitan ekonomi

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Petugas mendeteksi ranjau dengan menggunakan metal detector di Provinsi Amran, Yaman (Ilustrasi)
Foto: EPA/Yahya Arhab
Petugas mendeteksi ranjau dengan menggunakan metal detector di Provinsi Amran, Yaman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA — Bertahun-tahun perang yang terjadi di Yaman menyebabkan kelaparan dan kesulitan ekonomi. Warga Yaman yang putus asa, bahkan melihat ranjau darat sebagai mata uang, karena mereka mempertaruhkan hidup mereka untuk menukar logam mematikan dengan uang tunai.

Yaman merupakan salah satu negara yang paling banyak ditambang di dunia, meskipun jumlah pasti ranjau, diperkirakan jutaan, tidak diketahui.

Baca Juga

Dalam beberapa pekan terakhir, banjir besar yang menewaskan sedikitnya 50 orang dan berdampak pada puluhan ribu keluarga juga mengakibatkan penggusuran dan penggalian sejumlah ranjau berbahaya.

Namun, warga sipil telah memanfaatkan ini, dan mulai menimbunnya dengan harapan menghasilkan uang dengan menjualnya secara ilegal.

“Dalam banyak kesempatan, sayangnya kami menyaksikan warga sipil menimbun ranjau darat dan alat peledak lainnya di rumah mereka sebagai barang rampasan perang,” kata LSM Arab Saudi Masam, yang memimpin pekerjaan penghapusan ranjau di daerah-daerah yang dibebaskan di negara itu.

Masam mengatakan, beberapa anggota timnya telah didekati oleh penduduk setempat untuk menanyakan tentang ranjau yang telah dikumpulkan kelompok tersebut.

Di salah satu pasar senjata, Masam menemukan ranjau darat yang dijual dengan harga rata-rata YER 5.000, atau 20 dolar AS (Rp 297 ribu) masing-masing.

Masam mengatakan menolak untuk membeli tambang dari pedagang lokal, khawatir hal itu akan semakin mendorong penjualan tambang di pasar gelap.

“Sebaliknya, Masam telah mengadaptasi kebijakan pangan untuk tambang,” kata direktur pelaksana dan manajer program Ousama Algosaibi dilansir dari The National News, Selasa (23/8/2022).

“Di sinilah Masam menawarkan makanan dan benih yang bisa ditanam dengan imbalan ranjau darat yang dikumpulkan warga sipil,” tambahnya.

Metode brutal

Pengambilalihan Ibu Kota Sanaa oleh Houthi pada 2014 membawa bentuk peperangan yang brutal bahkan bagi para ahli paling berpengalaman di bidang de-mining.

Dua jenis ranjau umumnya ditemukan di zona perang: ranjau anti-tank dan anti-personil, yang terakhir dilarang oleh perjanjian internasional.

“Ranjau anti-personil telah digunakan di Yaman sejak 2015 meskipun ada larangan dan dalam beberapa kasus telah dijebak untuk menargetkan para penambang itu sendiri,” kata Algosaibi.

Dengan menggunakan metode yang lebih mematikan lagi, Houthi telah memodifikasi ranjau anti-tank, yang memiliki hasil ledakan yang jauh lebih tinggi, untuk digunakan dalam kapasitas anti-personil.

Ranjau anti-tank biasanya membutuhkan berat sekitar 120kg untuk diaktifkan tanpa menggunakan pelat tekanan.

Namun, dengan sakelar pelat tambahan, mereka hanya membutuhkan 1,8 kg untuk meledakkan, ini lebih dari cukup untuk membunuh seorang anak.

“Banyaknya ranjau yang ditemui di Yaman, ditambah dengan peletakan yang disengaja yang dirancang untuk menargetkan warga sipil bersama dengan adaptasi ranjau anti-tank untuk dipicu seolah-olah ranjau anti-personil, antara lain menjadikan Yaman salah satu yang paling brutal dan tidak manusiawi. Penggunaan ranjau darat sebagai senjata teror (sudah) sejak perang Balkan 1990-an,” kata Direktur Operasi Khusus Masam, Chris Clark, seorang ahli pekerjaan ranjau veteran.

 

Masam, PBB dan organisasi lain telah mendokumentasikan kejadian ketika Houthi menanam ranjau di daerah sipil, dekat dengan sumur, sekolah dan di luar masjid. Ini berarti keluarga pengungsi dapat menemukan diri mereka kembali ke rumah yang secara harfiah merupakan ladang ranjau.

Kelompok hak asasi manusia dan LSM mengatakan laki-lakilah yang paling terkena dampak dari perangkat fatal ini, diikuti oleh anak-anak.

Dengan konflik yang sekarang memasuki tahun kedelapan, dampak perang yang paling mematikan adalah ranjau darat, yang telah menyebabkan "Lebih banyak korban daripada pertempuran", kata laporan Masam.

n. Mabruroh

 

https://www.thenationalnews.com/gulf-news/2022/08/23/desperate-yemenis-dig-up-and-sell-landmines-a-booty-of-war/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement